Saturday, October 31, 2015

Alasan Hari Jum'at Lebih Istimewa dari Hari-hari Lainnya

Semua hari itu sama, tak ada hari baik atau buruk, tak ada hari mujur ataupun hari sial. Tapi sebagai umat muslim, tentu sudah tahu bahwa hari Jumat sering dikatakan hari istimewa.

Bahkan dikabarkan bahwa orang yang meninggal di hari Jumat, pasti meninggal dalam keadaan baik dan diterima baik di alam kuburnya. Juga siksaan di neraka kabarnya istirahat di hari Jumat.
Sholat Jumat / arrahmah.com
Banyak juga hadist yang mengatakan keutamaan hari Jumat daripada hari lainnya. Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik hari yang terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga. Pada hari Jumat juga kiamat akan berlaku. Pada hari itu tidaklah seorang yang beriman meminta sesuatu daripada Allah melainkan akan dikabulkan permintaannya." (HR. Muslim)

Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya hari Jumat adalah pengulu segala hari dan hari yang paling besar di sisi Allah SWT, yaitu hari yang lebih besar daripada hari raya Adha dan hari raya Fitrah, pada hari Jumat itu terdapat lima kejadian yaitu hari yang dijadikan Adam dan Baginda diturunkan dari surga ke muka bumi, pada hari itu juga wafatnya Nabi Adam, dan Allah mengurniakan satu saat dimana doa-doa dikabulkan kecuali doa-doa maksiat, dan hari Jumat juga akan terjadinya hari kiama." (HR Ibnu Majah)

Rasulullah juga menerangkan mengenai permintaan yang ditujukan kepada Allah SWT di hari Jumat. Beliau bersabda, "Pada hari Jumat terdapat satu waktu, tidaklah seorang hamba muslim memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkannya. Carilah ia di akhir waktu selepas ashar." (HR Abu Daud)

Mengenai kehidupan di alam kubur, ada juga hubungannya dengan hari Jumat. Rasulullah bersabda, "Tidaklah seorang muslim itu meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah menyelamatkannya dari fitnah kubur." (HR At-Tirmizi)

Itulah keutamaan hari Jumat dibanding hari yang lain. Maka dari itu, berlomba-lombalah kita dalam kebaikan.
Alasan Hari Jum'at Lebih Istimewa dari Hari-hari Lainnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top