Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Sunday, November 1, 2015

Beragam Mitos Mistis Seputar Pendakian Gunung Lawu

Kamu hobi mendaki gunung? Pasti sudah pernah ke Gunung Lawu kan? Gunung Lawu terkenal sebagai gunung angker di Jawa. Gunung ini terletak di perbatasan Karanganyar di Jawa Tengah dan Magetan di Jawa Timur.

Gunung Lawu termasuk dalam "Seven Summits of Java" (Tujuh Puncak Pulau Jawa). Selain menyimpan keindahan yang luar biasa, Gunung Lawu juga memiliki beberapa cerita mistis yang terkenal.

Inilah cerita mistis yang ada di Gunung Lawu :
  1. Kyai Jalak

    Ilustrasi Kyai Jalak / solopos.com
    Kyai Jalak dulunya merupakan abdi dalem dari Prabu Brawijaya, yang bermoksa menjadi jalak berwarna gading. Kabarnya, jalak gading inilah yang menuntun para pendaki yang memiliki hati bersih untuk sampai ke puncak Lawu. Tapi bagi mereka yang berhati jahat, jalak gading tidak akan merestui merka sampai ke puncak Lawu.
  2. Terjadi seperti Perkataan

    Hati-hati ketika berbicara di Gunung Lawu / smeaker.com
    Hati-hati dalam berucap ketika di Gunung Lawu. Kabarnya, gunung yang seperti memiliki nyawa ini tahu setiap perkataanmu. Jika kamu berkata "dingin", maka yang kamu rasakan benar-benar dingin.
  3. Pasar Setan

    Lokasi menuju pasar setan Gunung Lawu / kangbison.wordpress.com
    Inilah yang sering diceritakan warga sekitar Gunung Lawu juga para pendaki. Ketika kamu sedang mendaki di Gunung Lawu dan mendengar ada suara, "Arep tuku apa mas/mbak?," (mau beli apa mas/mbak?), sebaiknya lempar uangmu berapapun nilainya dan petik daun di sekitarnya, seperti ketika membeli di pasar. Jika tidak dilakukan, kamu akan mendapat musibah.
  4. Tidak boleh Memakai Baju Hijau

    Jangan memakai baju berwarna hijau / forumhijau.com
    Tak hanya di pantai Parangtritis, di Gunung Lawu pun kamu tidak boleh memakai baju berwarna hijau. Karena, baju berwarna hijau itu milik Kanjeng Ratu Kidul dan tidak sembarang orang bisa memakai baju berwarna hijau.
  5. Jangan sampai Rombongan Jumlah Ganjil

    Jangan pergi dengan jumlah ganjil / yukpiknik.com
    Ini mitos yang sering kita dengar tak hanya di Gunung Lawu, jangan pergi dengan jumlah orang ganjil. Di Gunung Lawu pun begitu, jika kamu langgar maka musibah akan menimpamu.


    Itulah hal mistis yang berkembang kisahnya di Gunung Lawu. Sebaiknya jika kamu ingin mendaki Gunung Lawu, tetaplah berdoa kepada Tuhan. Jangan langgar pantangan yang ada di Gunung Lawu, sehingga kamu akan selamat dari naik hingga turun gunung.
     
    Atas