Wednesday, October 28, 2015

Inilah 5 Pemukiman Unik yang Mengapung di Atas Air

Kalau pasar terapung di Indonesia sudah ada di Kalimantan. Yaitu pasar yang memusatkan kegiatannya diatas perahu yang terapung. Jika kota terapung, di Indonesia nampaknya belum ada. Terapung disini bukan berarti banjir ya, hehehe.

Kota terapung yang ada di beberapa tempat di dunia ini sengaja dibuat, ada yang dibuat dengan teknologi tinggi dan ada juga yang dibuat dengan sederhana, tapi dapat menopang perumahan! Penasaran seperti apa?

Inilah pemukiman unik di dunia yang mengapung di atas air :
  1. Pemukiman Suku Uro, Peru

    Pemukiman Suku Uro, Peru / travel.nationalgeographic.com
    Pemukiman Suku Uro ini merupakan warisan budaya dunia, nenek moyang Suku Uro telah membuatnya bertahun-tahun yang lalu. Kota terapung ini dibuat dari jerami, dan hebatnya dapat menopang perumahan dan orang-orang yang ada di atasnya.

    Dulunya, tujuan dari dibuatnya rumah di atas air dengan jerami ini adalah sebagai benteng dan agar Suku Uro dapat melarikan diri berserta rumahnya jika ada musuh yang mendekat.
  2. Naarden, Belanda

    Naarden, Belanda / adventurejay.com
    Kota Naarden berada tak jauh dari Amsterdam. Kota ini dikelilingi danau, ada dua lapis danau di sekelilingnya. Juga tembok yang mengitari agar Naarden tidak tenggelam. Kota ini memanfaatkan teknologi tinggi sehingga walaupun diatas perairan di daratannya lebih rendah daripada lautan, Naarden tidak pernah tenggelam.
  3. Wuzhen, China

    Wuzhen, China / commons.wikimedia.org
    Di Asia pun ada juga kota terapung nan indah, itulah Wuzhen yang terletak di China. Kota Wuzhen sendiri telah ada dan dihuni sejak 7.000 tahun yang lalu, dan aliran airnya berasal dari Sungai Yangtze. Sekilas tampak seperti Venesia, tapi bangunan rumahnya masih mempertahankan rumah kuno China.
  4. Lindau, Jerman

    Lindau, Jerman / europeantravelista.com
    Kota Lindau ini adalah kota terapung yang dikelilingi danau air tawar Bodensee. Pada abad pertama, Kaisar Romawi Kuno pernah menguasai tempat ini dan pada abad ke 13 kota ini dihuni para biarawan. Bangunan yang ada di Lindau sangat khas dengan gaya aksitektur Bavaria.
  5. Kay Lar Ywa, Myanmar

    Kay Lar Ywa, Myanmar / pinterest.com
    Desa Kay Lar Ywa berada di atas Danau Inle. Bentuk rumah di pemukiman ini berupa rumah panggung. Walau tinggal di tempat yang dikelilingi air, warga setempat memiliki mata pencaharian sebagai petani. Yaitu menanam tanaman pokok di kebun yang mereka buat sendiri di atas air.
Itulah pemukiman yang mengapung diatas air. Menarik juga ya? Manakah yang paling ingin kamu kunjungi readers?
Inilah 5 Pemukiman Unik yang Mengapung di Atas Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top