Friday, October 30, 2015

Negara-negara Mungil ini Memiliki Kisah yang Unik

Di dunia ini tidak hanya negara besar yang ada, tapi juga negara mungil. Negara mungil disebut juga dengan negara mikro, yaitu negara yang benar-benar berdaulat dan berdiri sendiri tetapi keberadaannya tidak diakui negara lain.

Biasanya negera mungil ini dibentuk karena adanya sekelompok orang yang memproklamirkan kemerdekaannya. Letak negara-negara ini juga terpencil. Tapi walau begitu, mereka juga memiliki sejarah yang unik.

Inilah kisah unik yang dimiliki negara mungil :
  1. Kepangeranan Sealand

    Kepangeranan Sealand / en.wikipedia.org
    Pertama adalah negara yang didirikan oleh seorang pensiunan mayor bernama Paddy Roy Bates. Ia mengklaim sebuah bangunan lepas pantai Suffolk yang dulunya merupakan basis pertahanan laut Inggris saat Perang Dunia II dan menjadikannya sebuah negara.

    Ia juga mendeklarasikan dirinya sebagai penguasa dengan gelar His Royal Highness Roy Bates, Prince of Sealand. Tak main-main, negara ini juga memiliki semboyan yaitu "E Mare Libertas". Walaupun terdengar aneh, tapi negara ini juga memiliki sistem pemerintahan dan mata uang sendiri. Bahkan sejarahnya, negara ini pernah di invasi oleh pihak lain.
  2. Republik Molossia

    Republik Molossia / vice.com
    Republik Molossia menempati wilayah Nevada, Amerika Serikat. Didirikan oleh Kevin Baugh, yang kemudian menjadikan sistem kepemimpinan di negara ini dengan sistem diktator.

    Tapi ia tidak menjalankannya dengan kejam. Yang mengejutkan, negara mungil ini punya wilayah kekuasaan lain, yaitu Harmony Province, The Protectorate of New Antrim, Neptune Deep, dan area seluas 130.000 kilometer persegi di planet Venus!
  3. Kekaisaran Aerika

    Eric Lis / adimensional.com.mx
    Didirikan oleh seorang bernama Eric Lis pada tahun 1987. Lokasinya berada di negara Kanada. Eric juga mengklaim wilayah perairan dan teritorial di luar angkasa sebagai bagian dari wilayah negaranya.

    Ia juga menciptakan agama sendiri yang disebut Silinisme, dengan penguin sebagai objek pemujaan. Bendera kebangsaannya mirip dengan bendera Kanada, hanya saja daun maple diganti dengan emotikon smiley.
  4. Atlantium

    Atlantium / snipview.com
    Tak hanya satu orang, negara ini didirikan oleh tiga orang, yaitu George Francis Cruickshank, Geoffrey John Duggan, dan Claire Marie Coulter. Dimana George sendiri diangkat menjadi raja dengan gelar Kaisar George II.

    Hebatnya, negara ini memiliki 2.000 penduduk dan memiliki pemerintahan yang resmi. Atlantium juga menerbitkan perangko, mata uang, serta surat hutan sendiri.
  5. Freetown Christiania

    Freetown Christiania / scottwilsondab710.wordpress.com
    Negara Christiania memiliki 850 penduduk. Wilayahnya meliputi bekas pangkalan militer seluas 34 hektar di Kopenhagen. Di negara ini, kegiatan administratifnya dilakukan sendiri dengan aturan dari Christiania. Di sini pun tidak ada polisi, segala hal bebas dilakukan, sehingga angka kriminalitas sangat tinggi di sini.
Itulah negara-negara mungil yang memiliki cerita yang unik. Ada-ada saja ya readers?
Negara-negara Mungil ini Memiliki Kisah yang Unik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top