Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Wednesday, October 26, 2016

Aneh! Remaja Amerika ini Terbangun dari Koma dan Langsung Fasih Berbahasa Spanyol

Koma adalah situasi darurat medis ketika penderitanya mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu. Ketidaksadaran ini disebabkan oleh menurunnya aktivitas di dalam otak yang dipicu oleh beberapa kondisi.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang dapat koma, seperti sakit atau setelah kecelakaan dan tak sadarkan diri. Seseorang yang sembuh dari koma biasanya akan mengalami beberapa perbedaan, bisa saja perbedaan sikap atau aksen bahasanya.
Reuben Nsemoh / Gambar via wsbtv.com

Remaja Amerika ini lancar berbahasa Spanyol setelah bangun dari koma

Seorang remaja 16 tahun asal Amerika Serikat bernama Reuben Nsemoh terbangun dari koma setelah kepalanya terbentur keras ketika olahraga, mengalami hal aneh ketika bangun dari koma. Ia mendadak fasih berbicara bahasa Spanyol, padahal sehari-harinya ia menggunakan bahasa Inggris. Namun, orang tuanya mengaku setelah bahasa Inggrisnya kembali, ia mulai kehilangan kefasihannya berbahasa Spanyol.

Kejadian ini disebut sebagai foreign accent syndrome atau sindrom aksen asing (SAA). SAA adalah kondisi medis langka yang terjadi pada otak dan mengakibatkan perubahan pada pola bicara seseorang, sehingga menimbulkan aksen yang berbeda dari biasanya.

Menurut Dr. Karen Croot, pakar SAA, kondisi ini merupakan kerusakan kontrol motorik. Ketika salah satu bagian otak atau lebih mengalami kerusakan, maka dapat mempengaruhi pemilihan waktu, melodi, dan tensi dari kemampuan berbicara.

Kejadian SAA pertama kali yaitu di tahun 1941, dimana seorang wanita asal Norwegia mengalami cedera otak dalam peristiwa pengeboman dan menyebabkannya mampu berbicara dalam bahasa Jerman.

Unik juga ya efeknya, readers?
 
Atas