Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Saturday, October 29, 2016

Belum Punya Pengalaman Profesional? Inilah Tips agar Kamu Mudah Diterima Kerja tanpa Pengalaman!

Sudah bukan mitos lagi bahwa mencari pekerjaan itu susah. Bahkan, mereka yang baru saja lulus dari perguruan tinggi pun akan menemui kesulitan dalam mencari pekerjaan. Sempitnya lapangan pekerjaan dan banyaknya para pencari kerja menjadi faktor utama sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Hal itu semakin sulit ketika kamu belum memiliki pengalaman kerja profesional sebelumnya. Tapi tenang, ada tips yang dapat membuatmu mudah diterima kerja meskipun belum memiliki pengalaman profesional. Apa saja ya?
Wawancara kerja / Gambar via hudsonjobsearch.org
Inilah tips agar kamu mudah diterima kerja tanpa pengalaman profesional:
  1. Sebutkan Prestasimu yang Paling Gemilang

    Misalnya waktu kuliah kamu pernah menjuarai suatu perlombaan atau mendapatkan beasiswa, ceritakanlah. Pengalaman lomba ataupun mendapatkan beasiswa akan sangat bermanfaat bagi kamu sebagai nilai tambah bagi perusahaan yang kamu tuju.
  2. Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu sesuai dengan Posisi yang Ditawarkan

    Meski kamu memiliki banyak kemampuan, tapi sebaiknya tulis kemampuan yang relevan saja dengan posisi yang ditawarkan. Misalnya posisi yang dicari adalah desainer grafis, tulis saja kemampuanmu dalam desainer grafis. Dan kemampuanmu di bidang olahraga misalnya, tak perlu ditulis.
  3. Minta Rekomendasi dari Orang Lain

    Kamu seorang fresh graduated, kebanyakan belum memiliki pengalaman kerja. Untuk mudah diterima, mintalah surat rekomendasi dari dosen pembimbing atau ketua organisasi yang pernah kamu ikuti. Dengan begitu, perusahaan yang akan mewawancaraimu akan mengetahui kepribadianmu seutuhnya.
  4. Tonjolkan Kemampuan di luar Bidang Akademik

    Jangan kira perusahaan hanya mencari orang-orang yang pandai dan nilainya tinggi saja. Justru, perusahaan akan memberikan nilai lebih bagi mereka yang sering ikut kegiatan lain, misalnya kegiatan sosial, prestasi dalam organisasi, dan lainnya.
Meski mencari pekerjaan itu susah, tapi jangan patah semangat. Pasti selalu ada jalan jika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh. Dan kesuksesan itu akan datang pada mereka yang pantang menyerah dan terus berusaha.
 
Atas