Wednesday, October 26, 2016

Hati-hati! Ikan ini Tinggi Kadar Merkuri!

Ikan adalah salah satu makanan alternatif pengganti daging yang baik. Ikan tinggi akan protein, mikronutrien, dan lemak yang menyehatkan tubuh manusia. Kebanyakan orang yang sedang menjalani diet lebih banyak mengkonsumsi ikan daripada daging, beberapa penyakit juga mengharuskan seseorang mengkonsumsi ikan.

Meski banyak manfaat yang didapatkan karena mengkonsumsi ikan, namun ikan juga mengandung zat berbahaya seperti merkuri! Merkuri ini akan sangat membahayakan tubuh, mengancam kesehatan, dan bisa jadi mengancam nyawa.
King makarel, salah satu ikan tinggi kadar merkuri / Gambar via globalfishmounts.com

Kandungan merkuri berbahaya yang ada pada ikan

Merkuri merupakan toksik logam berat yang ditemukan pada air, udara, dan tanah. Toksik ini timbul karena adanya hasil industri seperti pembakaran batubara atau gejala alam seperti letusan gunung berapi.

Manusia yang bekerja di pertambangan dan areal industri dapat terkena toksik ini. Selain itu, orang yang bekerja di luar bidang pertambangan dan industri juga dapat berpotensi terkena toksik tersebut, melalui makanan yang dimakan. Contohnya adalah ikan, di dalam tubuh ikan terdapat merkuri karena habitat ikan telah rusak dan kemudian ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia.

Dalam waktu yang lama jika kita mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri, akan menyebabkan lahirnya organisme berbahaya di dalam tubuh yang bernama methylmercury. Methylmercury ini menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, Authority Nutrition, lembaga yang menangani makanan di Amerika, menyarankan untuk mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu. Ikan yang baik dikonsumsi pun adalah ikan tertentu, seperti ikan salmon, udang, cod, sarden, dan beberapa jenis seafood karena rendah kadar mercury. Sebaliknya, jangan mengkonsumsi tilefish, hiu, ikan pedang, dan king makarel.

Jadi, mengkonsumsi ikan memang baik bagi tubuh, tapi perlu perhatikan jenis ikan yang akan kita konsumsi dan jika perlu ketahui juga asal usul ikan tersebut.
Hati-hati! Ikan ini Tinggi Kadar Merkuri! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top