Saturday, October 29, 2016

Inilah Hikmah Tersembunyi di dalam Takbir

Allahu Akbar, Allah Maha Besar.

Takbir, adalah seruan yang dikumandangkan untuk memuliakan nama Allah Ta'ala. Takbir seringkali kita dengar dan kita ucapkan, seperti dalam adzan dan ketika sholat. Terkadang, seseorang yang kaget atau refleks akan berucap "Allahu Akbar".

Terlebih ketika bulan ramadhan, kita semakin sering mendengar takbir dikumandangkan. Apalagi jika sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, pada malam sebelum hari raya akan banyak masjid dan mushola yang mengumandangkan takbir semalam suntuk.
Allahu Akbar / Gambar via greatislamic.com

Tahukah kamu hikmah tersembunyi di dalam takbir?

Ketika kita bertakbir, misalnya ketika sholat, kita mengakui betapa kecil dan tak berdayanya diri kita ini dibandingkan dengan Allah Ta'ala yang Maha Besar. Kita tidak akan dapat hidup di dunia jika bukan karena kehendak Allah Ta'ala. Kita tidak dapat menikmati udara dan kenikmatan dunia jika bukan kehendak Allah Ta'ala.

Jika kita berucap takbir tapi di dalam hati kita masih merasa besar, besar karena jabatan, besar karena kedudukan, besar karena kekayaan, besar karena popularitas, dan hal lainnya, itu akan berbahaya bagi kita. Lisan dan hati tidak sejalan, hal tersebut menimbulkan keadaan niat yang tidak lillaahita'ala.

Oleh karena itu, biasakanlah hati dan lisan kita sejalan. Ucapkan apa yang hati kita niatkan, dan lakukanlah niat sesuai dengan ucapan. Bertakbirlah secara lisan dan mantapkan hati kita untuk mengakui bahwa semua yang kita miliki ini hanyalah titipan dari Allah Ta'ala. Allah Ta'ala lah yang memberikan semua kebaikan pada kita.

Semoga, kita termasuk dalam golongan yang dekat dengan Allah Ta'ala dan kita akan selamat dunia akhirat jika kita mendekatkan diri pada Allah Ta'ala.

Allahu Akbar!
Inilah Hikmah Tersembunyi di dalam Takbir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top