Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Thursday, October 27, 2016

Inilah Jomblo Berkualitas Dalam Pendangan Islam

Tentu saja istilah jomblo sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama para remaja. Jomblo merupakan sebutan bagi pemuda dan pemudi yang belum menikah. Tentu orang yang menyandang status ini risih mendengar ejekan teman-temannya yang mengatakan bahwa ia jomblo.

Padahal, tak semua orang berstatus jomblo itu sedih. Justru ada yang sengaja menjomblo karena ingin terselamatkan dari fitnah dan zina, dan hanya ingin menjalin hubungan yang syah dan halal, yaitu dengan pernikahan.
Ilustrasi jomblo
Saking trend nya jomblo di kalangan remaja, sampai ada seminar hingga buku yang mengulik mengenai masalah jomblo. Mereka yang memiliki hubungan sebelum menikah biasanya tidak yakin dengan perasaan, itu artinya mereka belum siap lahir dan batin untuk memiliki pasangan hidup. Berbeda dengan jomblo yang sudah siap mental untuk menjalin hubungan sah dengan orang lain.

Jomblo yang berkualitas dalam Islam

Di dalam Islam, ada yang termasuk dalam kriteria jomblo yang baik. Merekalah jomblo yang dapat menjaga hati, menjaga kualitas terbaik, tidak mempermainkan perasaan oleh sesama jomblo, menjaga diri, menjaga pandangan, menjaga kehormatan, serta mencintai dan membenci sesuatu karena Allah Ta'ala.

Lelaki atau perempuan mana yang menolak calon istri atau suami yang berkualitas seperti itu? Tapi kenyataannya, masih banyak lelaki dan perempuan yang betah menjomblo. Alasan mereka menjomblo bermacam-macam, mulai dari tuntutan pekerjaan, faktor keadaan ekonomi, kurang maksimal mencari jodoh, dan hal lainnya.

Menikah pun bukan perkara mudah. Sebagai seorang lelaki harus dapat menafkahi istri dan keluarganya, belum lagi jika orang tua suami atau istri ikut tinggal di dalamnya. Sang istri pun setidaknya membantu suami memperoleh tambahan penghasilan.

Padahal, bukankah baik ketika seorang soleh menikah dengan seorang wanita solehah. Bukankah mereka akan melahirkan anak-anak yang soleh serta solehah juga? Tapi kenapa mereka tidak mau dan tidak segera melakukannya?

Saat ini tak perlu lagi ada rasa gengsi. Jika hal itu baik dan dampaknya baik bagi banyak orang, maka lakukanlah. Allah Ta'ala menciptakan kita berpasang-pasangan dan kita harus berusaha untuk mendapatkan pasangan yang baik untuk kita.

Berdo'alah dan tetap berusaha menjaga diri sehingga jodoh yang baik akan Allah Ta'ala datangkan untuk kita. Aamiin.
 
Atas