Tuesday, October 18, 2016

Inilah Tempat-tempat di Dunia yang Mengajakmu Berburu Dengan Burung Buas

Burung buas disebut juga burung pemangsa. Burung jenis ini memiliki ciri paruh yang kuat, kaki dengan cakar yang tajam serta terbang dengan kecepatan tinggi. Beberapa contoh dari burung buas ini adalah elang, rajawali, burung bangkai, burung unta, hingga burung kasuari.

Dengan berbagai kelebihan tubuhnya yang sangat cocok untuk berburu, burung-burung tersebut tak segan-segan untuk menyerang manusia. Namun meski begitu, kehadiran burung ini sepertinya tak begitu menakutkan bagi masyarakat di berbagai belahan dunia ini.

Misalnya di Mongolia. Setiap bulan oktober di sana, tepatnya di Pegunungan Altai, terdapat tradisi nomaden kuno yang menggunakan burung elang untuk berburu. Daerah ini merupakan rumah bagi burkitshi (nama penduduk asli di Pegunungan Altai). 
Berburu dengan elang di Mongolia/ Fotografer: Timothy Allen/Getty Images
Masyarakat di daerah ini telah melatih elang untuk membantu dalam ekspedisi berburu mereka. Nah, di bulan oktober, kamu bisa ikut merasakan sensasi berburu dengan elang bersama mereka.

Festival elang Mongolia

Jalsa Urubshurow, penggagas ekspedisi nomaden dan festival elang emas menawarkan 7 hari tur di Pegunungan Altai, dengan pemandu dari penduduk lokal. Kamu akan merasakan tinggal di yurt (rumah asli penduduk Mongolia), lengkap dengan tempat tidur kayu ukiran dan kehangatan tungku kayu bakar. 
Yurt, rumah penduduk Mongol yang suka hidup berpindah-pindah (nomaden) / gambar via en.wikipedia.org
Di pagi harinya, kamu akan mendapatkan secangkir teh susu lengkap dengan sarapan sebelum berangkat berburu. Ketika berburu, kamu akan menunggang kuda dengan burung yang ditutup hoodie untuk mencari jejak lynx (kucing liar di Mongolia), kelinci dan rubah.
Elang yang ditutup hoodie / Fotografer: Justin Ocean/Bloomberg Business
Lynx, kucing liar di Mongolia / gambar via animals.nationalgeographic.com
Ketika kamu menemukan mereka, pemburu pendampingmu akan melepaskan elang yang terbang 100 sampai 200 kaki, dan kemudian menerkam hewan buruannya tersebut. Kekuatan serangan burung pemburu mampu mengambil hewan besar seperti serigala.

Kamu bisa datang kesana dari Ulaanbaatar (kurang lebih 17 jam penerbangan dari New York), itu sekitar 3 jam penerbangan ke Ulgii, dan 2 hingga 5 jam perjalanan darat untuk mencapai Pegunungan Altai, Mongolia (lokasi festival). Pengalaman spektakuler ini membutuhkan biaya sekitar $ 15,995 atau sekitar Rp. 200 jutaan.

Vermont, USA

Di pedesaan Vermont, Green Mountain Falconry School adalah salah satu tempat di Amerika yang menyediakan sensasi berburu dengan elang tanpa sebuah izin dan latihan khusus. Kamu hanya perlu mengikuti sedikit arahan dalam waktu sekitar 45 menit, dengan biaya $130 - $400 (sekitar 1,7 jutaan hingga 5 jutaan rupiah).

Gimana, tertarik mencoba berburu dengan elang di alam bebas?
Inilah Tempat-tempat di Dunia yang Mengajakmu Berburu Dengan Burung Buas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top