Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Sunday, October 30, 2016

Jangan Membentak, Inilah Cara Tepat Melarang Anak

Anak kecil belum dapat membedakan mana hal yang baik dan mana yang buruk. Terkadang, mereka melakukan permainan yang membahayakan diri mereka, seperti bermain di jalan raya atau yang lainnya. Rasa ingin tahu anak kecil pun masih sangat besar, oleh karena itu mereka ingin sekali mencoba ini dan itu.

Dalam masa-masa ini, orang tua seringkali kewalahan untuk mengatasi anak dan melarang mereka untuk melakukan hal tersebut. Bahkan, karena kesal orang tua akan membentak anak. Padahal membentak anak itu tidak baik. Jadi, bagaimana cara melarang anak tanpa membentak?
Cara melarang anak tanpa membentak / Gambar via peaceinyourhome.com
Inilah tips cara tepat melarang anak tanpa membentak:
  1. Hindari Jawaban Ya atau tidak

    Jangan langsung memberi pilihan "ya" atau "tidak" pada si kecil, berilah alternatif jawaban lain untuknya agar si kecil dapat mempertanggungjawabkan jawaban tersebut.
  2. Larang dengan Kalimat yang Pendek

    Si kecil tidak memerlukan ungkapan panjang dan berbelit-belit, justru mereka lebih mengerti ucapan yang pendek, singkat, dan jelas. Hal ini agar dapat membuatnya mengerti mana larangan dan mana yang bukan.
  3. Tunjukkan Alasan

    Berikan alasan logis pada si kecil mengapa ibu melarangnya melakukan sesuatu. Hal ini untuk membantu mengembangkan pola pikir si kecil.
  4. Stop Banyak Larangan

    Biarkan si kecil bereksplorasi. Karena jika terlalu banyak melarang si kecil, maka ia akan merasa tertekan dan justru takut untuk mencoba.
  5. Katakan tidak jika hanya Terpaksa

    Jika tidak bisa dilakukan keempat cara di atas, apa boleh buat, ibu harus mengatakan tidak. Tapi perlu diingat, mengatakan "tidak" jangan dengan emosi.
Menangani anak memang susah-susah gampang, tapi sebagai orang tua kita juga harus memberikan yang terbaik dan mendidik anak dengan baik tanpa kekerasan supaya si kecil memiliki masa depan yang baik.
 
Atas