Saturday, October 22, 2016

Jangan Pernah Pakai Pakaian Allah Ta'ala!

Sebagai umat Islam, kita memiliki panutan yang dapat dijadikan contoh oleh seluruh umat Islam di dunia serta di seluruh zaman, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Sebagai panutan, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ditugaskan oleh Allah Ta'ala untuk menyempurnakan akhlak manusia.

Pada masa awal kehidupan, manusia tidak memiliki akhlak yang baik. Banyak terjadi peperangan, perbuatan dosa dilakukan, dan tak sedikit dari mereka yang bersifat sombong. Padahal, manusia dilarang oleh sombong.
Ilustrasi orang sombong / Gambar via quickbase.com

Sombong adalah pakaian Allah Ta'ala

Sombong adalah pakaian Allah Ta'ala, sebagaimana firman-Nya dalam hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim Rahimahullahu Ta'ala, "Keagungan adalah Kain-Ku dan kesombongan adalah Pakaian-Ku. Siapa yang menyaingi aku dalam salah satunya, Aku pasti akan menyiksanya."

Sombong sangat diharamkan bagi manusia, meskipun kadarnya sangat kecil. Siapapun yang berlaku sombong, maka Allah Ta'ala akan marah besar kepadanya dan marah-Nya lebih besar dan lebih pedih daripada siksa-Nya.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa yang menganggap dirinya besar, atau berjalan dengan angkuh, maka dia akan menjumpai Allah Ta'ala dalam keadaan marah besar kepadanya." (Imam al Bukhari Rahimahullahu Ta'ala dalam kita Al Adabul Mufrad)

Dari riwayat Imam Muslim Rahimahullahu Ta'ala, Allah Ta'ala tidak akan mengajak bicara, tidak akan memandang, dan tidak akan mengampuni tiga golongan. Ialah orang tua renta yang berzina, penguasa yang hobi berdusta, dan orang miskin yang bersikap sombong.

Semoga, hati kita selalu dijaga oleh Allah Ta'ala dan dihindarkan dari sifat sombong. Dan semoga kita senantiasa rendah hati, bukan tinggi hati.
Jangan Pernah Pakai Pakaian Allah Ta'ala! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top