Monday, October 31, 2016

Inilah 7 Penemu Benda Penting, Namun Kurang Dikenal

Seandainya kita sudah hidup beberapa abad yang lalu, mungkin kita masih menggunakan peralatan dan benda yang sederhana untuk menunjang aktivitas kita. Bahkan kita akan bekerja tanpa listrik dan lampu di malam hari, tentu itu sangat menyulitkan.

Baru pemadaman listrik saja kita sudah bingung menelepon PLN untuk meminta segera dihidupkan kembali listriknya. Jika kita masih hidup di masa-masa belum banyak ditemukan benda-benda, kita mungkin akan berusaha keras menciptakan benda-benda tersebut.

Berbicara mengenai penemu, yang selalu kita ingat hanya beberapa saja, seperti Thomas Edison, Graham Bell, tapi sedikit dari kita yang tahu siapa penemu kertas, pulpen, pensil, padahal benda-benda itu sangat sering kita gunakan. Ingin tahu siapa saja penemu yang tak dikenal ini?

Inilah penemu-penemu penting yang kurang dikenal:
  1. Penemu Pensil

    Nicolas-Jacques Conte / Gambar via blog.yovisto.com
    Pelukis asal Perancis bernama Nicolas-Jacques Conte adalah penemu pensil. Ia adalah pencetus pensil modern pertama yang dibuat dari campuran bubuk grafit dan tanah liat pada abad ke 18. Pensil buatannya 70% sama dengan pensil yang kita pakai sehari-hari. Tapi dulunya, pensil hanya untuk melukis bukan untuk menulis.
  2. Penemu Pulpen

    John J. Loud / Gambar via en.wikipedia.org
    Dulunya, pulpen memiliki ujung miring yang biasa kita lihat pada film-film genre Eropa abad pertengahan, itulah pulpen temuan dari John J. Loud, seorang insinyur asal Amerika Serikat pada abad ke 19.
    Laszlo Biro / Gambar via alchetron.com
    Di abad 20, seorang pebisnis Hungaria bernama Laszlo Biro menciptakan pulpen yang biasa kita pakai sehari-hari, dan ia menjadi penemu paling laris di masanya.
  3. Penemu Kertas

    Ada alat tulis, pasti juga ada media tulisnya yaitu kertas. Penemu kertas adalah seorang pegawai Kekaisaran China era Dinasti Han bernama Cai Lun. Cai Lun membuat kertas dari kayu pohon murbei yang diolah dengan cara masih sederhana.
    Cai Lun / Gambar via cultural-china.com
    Hasil kertasnya pun belum sebaik sekarang, tapi penemuan Cai Lun ini menginspirasi penemu kertas lain untuk berinovasi hingga menjadi kertas seperti yang kita gunakan sekarang.
  4. Penemu Kamera

    Joseph Nicephore Niepce / Gambar via biography.com
    Jika tak ada Joseph Nicephore Niepce, maka sekarang mungkin kamu tidak bisa mengabadikan momen berhargamu dengan kamera. Dialah sang penemu kamera yang merupakan ilmuwan asal Perancis. Ia menciptakan kamera dengan teknik heliograf dan menghasilkan foto dengan resolusi rendah. Halaman selanjutnya
Inilah 7 Penemu Benda Penting, Namun Kurang Dikenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top