Thursday, October 27, 2016

Menjaga Amanah dari Allah Ta'ala sebagai Hakikat Harta Dunia

Allah Ta'ala menjamin rezeki tiap-tiap hamba-Nya. Tak perlu khawatir masalah harta dan kehidupan, asalkan kita dekat dengan Allah Ta'ala, terus berusaha dan tawakal kepada Allah Ta'ala, pertolongan-Nya akan selalu kita dapatkan.
Amanah menjaga keluarga / gambar via ru.123rf.com
Sadarkah saudara, bahwa apa yang kita miliki sekarang ini bukanlah milik kita, melainkan milik Allah Ta'ala. Harta, keluarga, jabatan, kedudukan, dan semuanya adalah amanah dari Allah Ta'ala yang diberikan kepada kita. Selayaknya amanah, itu semua harus kita jaga dan pertanggungjawabkan.
Allah Ta'ala berfirman, "Berimanlah kamu kepada Allah Ta'ala dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah Ta'ala telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar." (QS. Al Hadid (57): 7)

Perbedaan amanah dengan memiliki

Ada perbedaan sikap orang yang memiliki dan orang yang diamanahi. Orang yang memiliki cenderung melakukan apa yang dirasa ia miliki dengan seenaknya. Ia tak berpikir apapun tentang apa yang ia gunakan. Misalnya ia memiliki uang, karena ia merasa uang itu miliknya maka ia akan menggunakan uang tersebut untuk membeli apa yang ia mau.

Berbeda dengan orang yang diamanahi, maka ia akan menjaga amanah tersebut dan menggunakan sesuai keinginan yang mengamanahi. Contohnya adalah uang, seseorang diberi amanah berupa uang maka ia akan menjaga uang itu dan tidak seenaknya digunakan. Ia akan menggunakan uang tersebut sesuai keinginan yang memberi uang.

Seperti dalam hidup ini, bahwa harta kekayaan, anak, dan semua yang kita miliki ini adalah kepunyaan Allah Ta'ala. Kita diberi amanah oleh Allah Ta'ala, sudah sewajibnya kita gunakan sesuai dengan apa yang diridhoi oleh Allah Ta'ala, tidak seenaknya. Gunakan harta untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, untuk bersedekah di jalan Allah Ta'ala.

Semoga kita termasuk dalam golongan hamba Allah Ta'ala yang khusnul khotimah. Aamiin.
Menjaga Amanah dari Allah Ta'ala sebagai Hakikat Harta Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top