Friday, October 28, 2016

Sholat Sunnah di Rumah untuk Meraih Rumah yang Berkah

Di dalam Islam, banyak sekali amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Amalan tersebut sangat bermanfaat bagi kita, tak hanya di dunia tapi juga di akhirat kelak.

Suatu rumah yang baik adalah rumah yang senantiasa diberkahi oleh Allah Ta'ala. Tentunya setiap muslim ingin mendapatkan berkah dari Allah Ta'ala. Berkah berarti kebaikan yang melimpah.
Dirikan sholat sunnah di rumah / Gambar via ennaharonline.com

Cara meraih rumah yang berkah dengan sholat sunnah

Salah satu hal yang mengundang berkah adalah dengan menghidupkan sholat sunnah di rumah. Melaksanakan sholat sunnah di rumah lebih mudah karena kita dapat menjaga perkara yang dapat membatalkannya, selain itu juga dapat lebih jauh dari riya'.

Di dalam rumah seharusnya kepala kelaurga mengingatkan anggota keluarganya untuk melaksanakan sholat. Sholat itu tiang agama, jika tidak sholat maka ibarat merobohkan agama. Disamping itu, jika tidak ada yang sholat maka runtuhlah keberkahan dalam rumah tersebut.

Perlu diingat bahwa sholat bagi umat Islam itu wajib, ditambah lebih baik jika dilakukan sholat sunnah juga. Pembeda antara umat Islam dengan orang kafir adalah sholat.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Seharusnya bagi kalian untuk mengerjakan sholat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik sholat seseorang adalah di rumahnya terkecuali sholat wajib." (HR. Al Bukhari no. 731 dan Muslim No. 1822)

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Jadikanlah bagian dari sholat kalian di rumah-rumah kalian, dan jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan." (HR. Al Bukhari No. 432 dan Muslim No. 1817)

Selain kebaikan di dunia, tentu kita juga akan mendapat kebaikan di akhirat. Allah Ta'ala akan membangun rumah di surga bagi mereka yang menegakkan dua belas rakaat sholat sunnah setiap hari.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa merutinkan sholat sunnah dua belas rakaat dalam sehari, maka Allah Ta'ala akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum dzuhur, dua rakaat sesudah dzuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah isya', dan dua rakaat sebelum subuh." (HR. Tirmidzi)

Oleh karena itu, selain sholat wajib ditegakkan, tegakkan juga sholat shunnah.
Sholat Sunnah di Rumah untuk Meraih Rumah yang Berkah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: finances
 

Top