Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Sunday, October 30, 2016

Untuk Keberkahan Rumah dan Anaknya, Inilah Do'a yang Dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah, terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Rumah menjadi tempat bernaung dan berlindung bagi seluruh keluarga. Hal ini dibarengi juga dengan keinginan terciptanya keharmonisan dan kebahagiaan di dalam rumah.

Rumah juga seringkali menjadi tempat persinggahan dan tempat berkumpul saudara dan teman-teman. Keharmonisan semua orang yang ada di dalam rumah tak lepas dari keberkahan yang didapat pemilik rumah dari Allah Ta'ala.

Segala hal yang diberkahi oleh Allah Ta'ala akan menjadi suatu kebahagiaan. Tapi sebaliknya, jika harta tidak diberkahi oleh Allah Ta'ala, akan menjadi suatu ujian bahkan musibah. Rumah yang tidak diberkahi juga tidak akan ada keharmonisan di dalamnya.
Ilustrasi berdoa / gambar via themuslimvibe.com
Di dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala telah memberikan kiat-kiat yang dapat dilakukan agar Allah Ta'ala memberkahi suatu rumah. Cara tersebut melalui do'a dari Nabi Ibrahim yang dipanjatkan ketika menempatkan keturunannya di lembah Bakkah tanah Haram yang sekarang menjadi Mekkah.

Allah Ta'ala berfirman dalam surat Ibrahim ayat 37, "Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan sholat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur."

Dari do'a ini, ada do'a-do'a tersirat sebagai berikut:
  1. Hakikat Fungsi Rumah

    Dari kata "agar mereka menegakkan sholat", menunjukkan bahwa tempat tinggal bukan hanya sekedar tempat bernaung, berlindung, bercengkerama dengan keluarga, melainkan juga sebagai masjid untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Yang terpenting di dalam rumah bukanlah perabotan atau bagaimana bentuk rumah, melainkan fungsi rumah yaitu menjadikannya sebagai masjid.

    Lakukan aktivitas baik di dalam rumah, seperti sholat sunnah (karena sholat fardhu utamanya dilakukan di masjid), mengaji, dan mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai agama yang baik agar anak menjadi sholeh dan sholehah. 
  2. Silaturahim yang Baik agar Rumah Diberkahi

    Tanamkan rasa saling mancintai antara orang-orang sekitar, mulai dari keluarga sendiri, kemudian tetangga sekitar. Hal ini akan menimbulkan hubungan silaturahim yang kuat dan sangat dianjurkan jika ingin rumah diberkahi oleh Allah Ta'ala.

    Jika ada orang yang tidak menjaga hubungan silaturahim, maka keberkahan akan sulit ia terima. Bahkan, putusnya tali silaturahim akan berpengaruh negatif pada diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.
  3. Rezeki yang Baik

    Pada penggalan ayat tersebut, "dan berikan mereka rezeki dari buah-buahan, semoga mereka menjadi hamba yang bersyukur." Maksudnya adalah, buah sebagai rezeki menjadi suatu hikmah bahwa buah merupakan rezeki makanan yang baik, bersih, dan menyehatkan.

    Dengan begitu, rezeki yang baik dan halal akan memberikan semangat bagi anggota keluarga untuk beribadah dan memenuhi rumahnya dengan kebaikan-kebaikan.
Marilah kita berdo'a kepada Allah Ta'ala dan giatkan kegiatan baik di dalam rumah agar rumah dan keluarga kita diberkahi oleh Allah Ta'ala. Aamiin.
 
Atas