Saturday, November 26, 2016

Anak Laki-laki Kita sedang Pubertas? Ini Cara untuk Mendampinginya!

Sama seperti kita, anak-anak kita tentunya juga akan tumbuh dewasa. Dalam perjalanan menuju dewasa tersebut, anak akan mengalami masa peralihan yang biasa disebut masa pubertas. Masa pubertas pada anak laki-laki biasanya terjadi di usia 10-14 tahun.

Di masa-masa itu, anak laki-laki akan menunjukkan perubahan-perubahan. Perubahan fisik seperti suara lebih berat, ukuran tubuh menjadi lebih besar dan lebih tinggi. Serta perubahan psikis seperti tertarik pada lawan jenis, dan lainnya. Sebagai orang tua, kita harus mendampinginya agar masa pubertasnya tidak salah.
Ilustrasi / Gambar via evolvingsciences.com
Inilah cara mendampingi anak laki-laki yang sedang pubertas:
  1. Memberi Kepercayaan dan Tanggung Jawab

    Sebagai anak laki-laki yang sedang pubertas, mereka ingin dianggap lebih dewasa, bukan lagi anak kecil. Oleh karena itu, orang tua seharusnya memperlakukan seperti itu dengan memberinya kepercayaan dan tanggung jawab. Sedikit membuat anak bebas boleh saja, asal kebebasan itu tetap dipertanggungjawabkan.
  2. Melakukan Pengawasan yang Proporsional dan Tanamkan Pendidikan Agama

    Awasi dengan siapa anak bergaul, karena di usia ini anak lelaki cenderung senang berteman secara berkelompok. Orang tua harus mengetahui siap teman-temannya, bila perlu latar belakang teman-temannya. Dengan begitu, orang tua dapat dengan mudah mengawasi, apalagi sudah mengenal teman sang anak.

    Buat anak untuk sering mengajak temannya main ke rumah karena dengan begitu orang tua dapat mengetahui teman-temannya. Selain itu, tanamkan pendidikan agama pada anak karena agama merupakan pondasi bagi kehidupan. Agama yang baik akan membawa pada kehidupan yang baik.
  3. Menjadikan Anak sebagai Sahabat

    Ciptakan situasi persahabatan dengan anak. Jangan memperlakukan anak seperti anak kecil yang kerap kali diperintah, didikte, ataupun dihukum. Tempatkan kita sebagai orang tua dan sahabat. Kita harus siap mendengarkan curhatannya dan siap untuk memberikan solusi.
  4. Berbagi Tugas dengan Suami

    Biasanya anak laki-laki lebih nyaman membicarakan pubertas pada sang ayah. Oleh karena itu, bicarakan pada suami untuk siap menghadapi berbagai pertanyaan anak dan siap menjawab dengan baik. Jangan lupa, beri nasihat apa yang harus dilakukan dan bicarakan tentang hukum fiqih mengenai hal tersebut.
  5. Berdo'a Mohon Perlindungan pada Allah Ta'ala

    Kita memang tidak dapat mengawasi anak sepanjang waktu, apalagi jika anak mengenyam pendidikan di tempat yang jauh dari kita. Oleh karena itu, selalu lah meminta pertolongan dan perlindungan pada Allah Ta'ala agar anak kita diselamatkan oleh-Nya dan tetap di jalan yang lurus.
Semoga dengan ini, kita sebagai orang tua tak perlu bingung lagi menghadapi anak laki-laki kita yang tengah mengalami pubertas.
Anak Laki-laki Kita sedang Pubertas? Ini Cara untuk Mendampinginya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top