Sunday, November 13, 2016

Awas! Masalah Kesehatan Mulut ini Ternyata sering Kamu Abaikan!

Mulut menjadi bagian utama yang paling menjadi perhatian orang lain. Ketika kita berbicara, pasti orang akan memperhatikan mulut kita, tentunya kita harus menjaga mulut agar selalu sehat.

Namun, terkadang kita tidak mempermasalahkan gangguan mulut yang terjadi. Kita selalu menganggap enteng atas apa yang terjadi pada mulut, padahal gangguan pada mulut bisa menjadi indikasi suatu penyakit.

Sally Cram, D.D.S., dokter gigi dan juru bicara American Dental Association mengatakan bahwa ada beberapa permasalahan mulut yang dapat menjadi indikasi permasalahan yang lebih serius. Permasalahan tersebut haruslah segera ditangani. Apa saja permasalahannya?
Mulut yang sehat awal dari kesehatan tubuh / Gambar via rosemandental.com
Inilah masalah kesehatan mulut yang harus segera ditangani:
  1. Perubahan Warna Gigi yang Drastis

    Jika warna gigi berubah drastis menjadi cokelat atau hitam, itu menandakan adanya kerusakan gigi yang mengakar. Segeralah melakukan perawatan gigi untuk mengatasinya.
  2. Gusi sering Merah, Bengkak, dan Berdarah

    Jika pada gusimu sering memerah dan bengkak, serta tak jarang berdarah meskipun rutin menggosok gigi dan flossing, kemungkinan merupakan indikasi penyakit diabetes. Jika masalah ini bertahan selama satu bulan, ditambah lagi dengan tanda diabetes lain seperti rasa haus yang ekstrim, masih lapar meski sudah makan, kelelahan, segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.
  3. Bintik Putih di bawah Gigi Geraham

    Jika ada bintik putih kecil di sekitar gusi gigi geraham bawah, kemungkinan kamu sedang terinfeksi virus. Bintik kecil ini menjadi indikasi dari gejala awal penyakit campak, biasanya diikuti juga dengan kondisi lain seperti demam, batuk atau pilek, hingga campak itu sendiri.
  4. Bau Mulut yang tak Kunjung Usai

    Tak ada yang mau mengalami bau mulut karena hal itu sangat mengganggu, selain tak nyaman di mulut, orang lain pun akan terganggu ketika berbicara dengannya. Bau mulut biasanya dapat hilang ketika kita menggosok gigi, berkumur dengan obat kumur, atau makan. Tapi jika bau mulut masih melanda meski sudah melakukan hal tersebut, itu menandakan ada kerusakan gusi.
  5. Lidah Perih

    Ketika makan dan tergigit, lidah akan terasa perih itu merupakan hal yang biasa. Tapi, jika kamu merasakan lidah perih selama lebih dari 2 minggu, bisa menjadi indikasi penyakit kanker mulut. Lakukanlah pengecekan apakah ada benjolan pada lidah dan jangan lupa konsultasikan kepada dokter.
Hal-hal kecil yang terjadi di mulut janganlah kita abaikan, karena bisa saja menjadi indikasi dari berbagai penyakit berbahaya.
Awas! Masalah Kesehatan Mulut ini Ternyata sering Kamu Abaikan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top