Saturday, November 19, 2016

Awas! Waspadai ATM yang Dimanipulasi, Ini 4 Ciri-cirinya!

ATM adalah salah satu alternatif untuk kita menyimpan uang. ATM diciptakan untuk mempermudah transaksi keuangan manusia, selain itu juga kita lebih aman karena tidak membawa banyak uang tunai ketika bepergian.

Sayangnya, ada saja pihak yang menyalahgunakan mesin ATM dan menjadikannya ladang kejahatan. Kasus pembobolan ATM kerap kali terjadi. Banyak faktor yang menyebabkannya, salah satunya kurangnya keamanan dan pengawasan dari pihak bank. Oleh karena itu, kamu perlu waspada dan mengenali ciri ATM yang dimanipulasi.

Inilah ciri ATM yang dimanipulasi:
  1. Skimmer

    Skimmer adalah perangkat yang ditempelkan mirip dengan perangkat asli ATM, jika teliti maka akan mudah mengenalinya. Perhatikan bentuk slot kartu, apakah terlihat jenggal atau tidak. Jika slot kartu terlihat tidak jenggal, lebih baik tidak usah memakai ATM palsu tersebut.
    Skimmer / Gambar via gizmodo.com
    Cara lain adalah dengan melihat lampu LED pada slot, jika lampu tersebut mati maka dapat dipastikan slot tersebut dipasangi skimmer bagian dalamnya.
  2. Software Manipulasi

    Ini merupakan salah satu cara sulit untuk mengenali apakah mesin ATM dimanipulasi. Orang menggunakan software untuk merusak mesin ATM dan membuat si pengambil uang tersasar.
    Software manipulasi / Gambar via ultimatetech.org
    Cara yang bisa dilakukan adalah menanyakan pada petugas keamanan apakah mesin ATM berjalan dengan lancar. Kemudian mintalah petugas untuk mencobanya, biasanya dengan mengambil uang dalam jumlah kecil. Jika berhasil, maka dapat dipastikan mesin ATM tersebut normal. Halaman selanjutnya
Awas! Waspadai ATM yang Dimanipulasi, Ini 4 Ciri-cirinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top