Tuesday, November 15, 2016

Bagaimana Cara jika Ingin Bersedekah tapi tidak Punya Uang?

Sedekah uang dapat membersihkan harta yang kita dapat, karena sebagian dari harta yang kita dapatkan itu tidak semuanya milik kita, melainkan ada hak anak yatim dan mereka yang kurang mampu di sana.

Tapi, kebanyakan orang kini enggan untuk mengeluarkan sedekah dengan alasan tidak memiliki uang. Padahal, sedekah itu bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun! Bagaimana caranya ya?
Perbuatan baik dapat dinilai sedekah / Gambar via productivemuslim.tumblr.com

Inilah cara bersedekah tanpa mengeluarkan uang

Diriwayatkan secara muttafaq 'alaih dari sahabat Jabir bin 'Abdullah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Setiap perbuatan baik adalah sedekah."

Berbuat baik di sini tentu saja yang disepakati kebaikannya oleh syariat. Jika tidak mampu melakukan kebaikan karena keterbatasan fisik, maka berucaplah yang baik.

Disebutkan dalam hadits dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Ucapan yang baik adalah sedekah."

Tak hanya itu, masih banyak hal yang dapat bernilai sedekah seperti menaikkan orang ke atas kendaraan, membantu mengangkat bawaan ke atas punggung, beranjak menuju masjid untuk sholat, mendamaikan orang yang berselisih, hingga menyingkirkan batu dan duri yang ada di jalanan, semua bernilai sedekah di sisi Allah Ta'ala.

Jadi, tak perlu risau jika tidak memiliki uang, karena perbuatan baik dapat dinilai sedekah oleh Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.
Bagaimana Cara jika Ingin Bersedekah tapi tidak Punya Uang? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top