Thursday, November 24, 2016

Budget Jar, Metode Ampuh Kelola Keuangan

Seringkali kita sulit mengontrol pengeluaran keuangan kita. Ada saja kebutuhan mendesak yang membuat kita harus mengeluarkan uang. Berapapun gaji kita, kebutuhan yang kita keluarkan akan terus mengikuti dan pada akhirnya kita akan merasa kurang.

Kini jangan khawatir, kamu bisa mengatur pengeluaran keuanganmu dengan metode "Budget Jar". Metode ini membuatmu dapat mengelola keuangan dengan menggunakan botol. Pertama-tama, siapkan enam botol dan labeli dengan angka atau apaun yang memudahkanmu membedakannya. Penasaran bagaimana metode "Budget Jar" ini?
Metode budget jar / Gambar via umt.edu
Inilah metode "Budget Jar" yang ampuh kelola keuangan:
  1. Jar 1, Kebutuhan Dasar Sebesar 55% Penghasilan

    Kamu harus menulis daftar kebutuhan dasar yang harus kamu keluarkan. Seperti tagihan, transport, pulsa, makan, uang darurat, dan yang penting kamu keluarkan untuk sebulan kedepan.
  2. Jar 2, Hiburan Sebesar 10%

    Sisihkan juga 10% uang sisa dari kebutuhan dasar tadi untuk hiburan, misalnya jalan-jalan, menonton, shopping, atau nongkrong bareng teman-teman.
  3. Jar 3, Tabungan Jangka Panjang 10%

    Kamu sangat perlu menabung untuk masa depanmu nantinya, jadi penting bagi kamu untuk menyisakan 10% dari sisa Jar 2 untuk kebutuhan dimasa depanmu.
  4. Jar 4, Pendidikan 10%

    Meski sudah bekerja dan mapan, kamu juga perlu menyisihkan uang untuk pendidikan. Siapa tahu kamu ingin melanjutkan pendidikan lagi, bisa juga uang ini untuk keperluan pendidikan lain seperti kursus, seminar, atau membeli buku.
  5. Jar 5, Tabungan Keinginan 10%

    Kalau kamu punya keinginan untuk dipenuhi, kamu bisa menggunakan uang ini untuk membelinya. Misalnya kamu ingin motor, laptop, rumah, mobil, dan barang lain yang perlu waktu untuk dapat membelinya.
  6. Jar 6, 5% untuk Sedekah

    Jangan lupa untuk bersedekah. Uang yang kamu terima ini sebagian adalah harta dari mereka yang kurang mampu, jadi sedekahkan. Kalau kamu punya kelebihan uang, tambah untuk sedekah juga tak masalah. Ini untuk tabungan kamu di akhirat.
Bagaimana, mudah bukan? Jadi, jangan terlena dengan gaji yang kita dapatkan karena kita juga harus menyisihkan untuk hal lain. Atau jika kau punya kebutuhan lain, kamu bisa membuat pengalokasian botol sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!
Budget Jar, Metode Ampuh Kelola Keuangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top