Tuesday, November 8, 2016

Dengan Bermain Layang-layang, Kita Bisa Dapat Pelajaran Hidup yang Berharga

Ingatkah sewaktu kita kecil bermain layang-layang dulu? Mau laki-laki atau perempuan, jika sudah musim layang-layang pasti semua ingin menerbangkan layang-layang. Entah bersama teman, saudara, orang tua, ataupun sendiri.

Bermain layang-layang ternyata bukan hanya sekedar permainan yang menyenangkan atau justru melelahkan karena berlarian. Tapi, di dalam permainan ini terkandung filosofi dan pelajaran hidup yang sangat berharga bagi kita sampai kapanpun. Apa saja itu?
Filosofi hidup dari bermain layang-layang / Gambar via keyword-suggestions.com
Inilah pelajaran hidup berharga yang didapat dari bermain layang-layang:
  1. Kontrol Kehidupanmu ada pada Dirimu Sendiri, Kamu yang Memutuskan Seberapa Tinggi Layanganmu dengan Mengulur Tali

    Bagaimana hidupmu ada di tanganmu sendiri, jangan salahkan orang lain. Meski orang tuamu menyuruh ini dan itu, tapi kamu bisa menolaknya dengan cara yang baik jika tidak kamu inginkan. Kebahagiaanmu ada di tanganmu sendiri.
  2. Melihat Layang-layangmu Terbang Tinggi Memang Menyenangkan, tapi Lebih Menyenangkan jika Ada Teman-teman Bermain Bersamamu

    Memang menyenangkan melihat layang-layang kita terbang tinggi. Tapi, sebagus apapun layang-layang itu, setinggi apapun terbangnya, kamu hanya akan merasa senang dalam sekejap jika tidak ada teman yang bermain bersamamu.

    Seperti dalam hidup, ketika kita sukses dan mencapai puncak, itu sangat menyenangkan. Membuat diri kita bangga dan senang. Tapi ketika menyadari bahwa kesuksesan itu membuatmu jauh dari teman-teman, disinilah kamu akan merasa hampa.
  3. Semua Layang-layang dapat Terbang dengan Cara Pembuatan dan Teknik Menerbangkan yang Benar, tak Peduli Bagus tidaknya Bahan atau Mahal Murahnya Bahan

    Ini sering terjadi pada kita, dimana kita selalu merasa minder tentang apa yang kita miliki, juga tentang kemampuan kita. Melihat orang lain yang berhasil selalu minder dan membela dengan, "Iya, dia sukses karena keluarganya juga orang kaya".

    Padahal ini tidak benar, darimana asalmu, bagaimana keluargamu, kamu tetap bisa sukses asalkan cara yang kamu lakukan benar dan kamu fokus terhadap apa yang kamu lakukan. 
  4. Jika Layanganmu Lepas, Seringkali Merelakan adalah Jalan Terbaik

    Sama halnya dalam kehidupan, terkadang kita harus melepas apa yang telah kita punya. Layang-layang yang sudah terbang tinggi memang sayang sekali jika terlepas.

    Seringkali pemilik layang-layang akan sedih bahkan menangis, tapi kesedihan mereka tak akan lama. Inilah hidup, kita harus bisa cepat move on dari kegalauan hati dan memulai hal baru yang lebih baik.
  5. Tak Selamanya Layang-layangmu Terbang dengan Mulus

    Layang-layangmu tidak bisa terbang dengan mulus dan baik di segala waktu dan tempat, semua itu tergantung dengan keadaan cuaca dan angin. Misalnya di lapangan layang-layangmu dapat terbang tinggi, tapi ketika kamu memainkannya di sekitar rumah, tidak bisa tinggi meski layang-layangmu sama bagusnya.

    Sama seperti hidup, kita tidak boleh sombong. Bisa jadi di tempat A kita menjadi orang yang terbaik, terpandai, dan paling atas, sedangkan di tempat B kita bukan apa-apa, masih banyak orang yang lebih baik. Oleh karena itu, usaha yang kita lakukan harus diimbangi dengan do'a.
Itulah pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari bermain layang-layang. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari setiap hal yang kita lakukan untuk dapat introspeksi diri menjadi lebih baik.
Dengan Bermain Layang-layang, Kita Bisa Dapat Pelajaran Hidup yang Berharga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top