Wednesday, November 23, 2016

Gaji Pas-pasan? Dengan Tips Berikut Kamu tidak akan Galau lagi!

Kamu lulusan sarjana dan baru diterima kerja? Atau sudah bekerja tapi gaji belum memuaskan? Tenang saja! Memang gaji seringkali membuat risau, karena kita harus berusaha agar kebutuhan yang kita keluarkan tidak melebihi gaji sehingga kita masih dapat menabung.

Namun, kebanyakan orang masih mengeluhkan gaji mereka yang pas-pasan dan seringkali kurang. Meski gajimu juga masih belum memuaskan, kamu tak perlu khawatir lagi. Di bawah ini akan dibahas tips agar kamu tidak galau dengan gaji pas-pasan.

Ilustrasi gaji rendah / Gambar via independent.ie
Inilah tips agar kamu tidak galau dengan gaji pas-pasan:
  1. Berhenti Mengintip Rumput Tetangga

    Salah satu sikap buruk manusia adalah selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain serta selalu merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya, sehingga selalu menganggap bahwa milik orang lain lebih baik.

    Seringkali kita iri dengan gaji teman yang lebih tinggi dari kita, padahal dari segi kemampuan hampir sama. Sebaiknya, fokuslah pada pekerjaan kita. Jika kita melakukan tugas dengan baik dan atasan senang, bisa saja kita mendapatkan promosi jabatan dan gaji kita akan naik.
  2. Coret Hal yang tidak Perlu

    Mendapat gaji pas-pasan memaksa kita untuk hidup hemat. Tekan semua pengeluaran agar dapat menyisakan gaji hingga akhir bulan. Misalnya nongkrong bersama teman, tak perlu setiap hari. Cukup seminggu sekali saja, dan misal akan pergi ke kafe cobalah untuk makan terlebih dahulu di rumah sehingga kita sudah kenyang dan hanya pesan minum di kafe.
  3. Buat Rancangan Keuangan Sederhana

    Di awal bulan setelah menerima gaji, buatlah rencana keuangan. Tulis hal-hal yang penting, misalnya untuk makan dan transport, atau ketika kita punya cicilan maka hal tersebut harus diprioritaskan. Setelah tersusun, maka akan ketahuan jumlah uang yang dapat kita gunakan untuk jalan-jalan dan menabung.
  4. Pandai-Pandailah Melihat Peluang

    Jangan hanya terpaku pada satu pekerjaan, cobalah mencari pekerjaan sampingan yang lebih santai dari pekerjaan utama. Misalnya jika kamu bisa desain, kamu dapat menawarkan jasa desain kepada teman-temanmu. Dengan begitu, tambahan penghasilan akan mudah kamu dapatkan.
  5. Bawa Bekal ke Kantor

    Ini adalah jurus jitu menghemat pengeluaran makan. Kamu bisa jadwalkan kapan membawa bekal dan kapan makan bersama teman di luar.
Gaji pas-pasan memang menjadi hal yang merisaukan, tapi kamu jangan cemas dan tak perlu larut dalam kesedihan. Buktinya, banyak juga orang dengan gaji pas-pasan yang dapat hidup dengan baik. Intinya, syukuri apa yang kamu terima, kebahagiaan bukan dihitung dari besarnya gaji tapi berkah gaji yang kita terima. Dan jangan lupa sisihkan sebagian gajimu untuk bersedekah, berapapun jumlahnya.
Gaji Pas-pasan? Dengan Tips Berikut Kamu tidak akan Galau lagi! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top