Tuesday, November 15, 2016

Hati-hati! Gunakan HP Sambil Berjalan dapat Ubah Postur Tubuh!

Setiap orang sekarang ini pasti memiliki handphone. Bahkan satu orang ada yang memiliki lebih dari satu handphone. Menggunakan handphone juga dilakukan orang-orang dimanapun, baik di rumah, di jalan, di taman, bahkan di toilet pun mereka menggunakan handphone.

Di jalanan, tak jarang kita melihat orang yang berjalan sambil memegang handphone, entah itu mengetik, mendengarkan musik, atau menelepon. Handphone seolah telah merenggut kehidupan manusia dan memaksanya menggunakan setiap waktu.
Menggunakan handphone sambil berjalan dapat merubah postur tubuh / Gambar via thestar.com
Ternyata, penelitian yang dilakukan oleh University of Delaware menyebutkan bahwa menggunakan handphone sambil berjalan itu tidak baik loh! Karena dapat mengubah postur tubuh kita. Bagaimana bisa ya?

Gunakan handphone sambil berjalan dapat merubah postur tubuh

Penelitian dilakukan pada 22 orang yang diminta berjalan di treadmill dengan handphone mereka, sementara gerakannya terus dipantau. Kemudian, mereka diminta untuk menghubungi sebuah nomor dan setelah itu mereka berjalan dengan sangat aneh. Mereka akan berlebihan ketika berjalan dan seakan mengharapkan agar tidak tersandung sesuatu.

Langkah yang berlebihan ini adalah upaya tidak sadar untuk menyeimbangkan tubuh karena visi berkurang untuk menatap handphone. Lutut mulai membungkuk ke posisi puncak dan pergelangan kaki sepenuhnya tertekuk.

Menurut para ilmuwan, menggunakan handphone saat bergerak secara signifikan dapat mengubah cara postur tubuh sewaktu berjalan. Karena secara tidak sadar kamu akan mengadopsi postur saat menggunakan handphone. Para peneliti juga menemukan bahwa sedikitnya kesalahan dalam mengetik menandakan orang lebih memprioritaskan mengetik daripada berjalannya.

Penelitian ini baru dilakukan pada treadmill, belum dicoba jika berada di trotoar biasa yang rintangannya tidak terduga.

Oleh karena itu, mulai sekarang ubahlah kebiasaan untuk selalu melihat handphone sambil berjalan.
Hati-hati! Gunakan HP Sambil Berjalan dapat Ubah Postur Tubuh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top