Tuesday, November 22, 2016

Hebat! Buah Endemik Indonesia ini jadi Buruan Negara Lain karena Khasiatnya yang Luar Biasa!

Sudah tahukah dengan buah merah? Buah asli Papua ini sering disebut dengan kansu oleh masyarakat Wamena, Papua. Buah tradisional Papua ini memiliki nama ilmiah Pandanus conoideus, yang mana tanamannya masih tergolong dalam pandan-pandanan.

Buah merah dapat tumbuh hingga 16 meter dengan bentuk buah lonjong dan berwarna merah. Sekilas mirip jagung, tapi panjang buahnya bisa mencapai 55 cm dan warnanya merah marun ketika matang. Biasanya, masyarakat Papua menyajikan buah merah ketika ada pesta adat bakar batu, tapi banyak juga yang memanfaatkannya sebagai obat.
Buah merah / Gambar via dobrytarot.pl
Seorang dosen bernama Drs. I Made Budi M.S sebagai ahli gizi di Universitas Cendrawasih (UNCEN), meneliti kandungan yang ada pada buah merah. Ternyata dalam satu buah merah mengandung Karoten (12.000 ppm), Betakaroten (700 ppm), Tokoferol (11.000 ppm), selain itu juga ada asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3, dan omega 9.

Buah merah ini juga ternyata banyak diburu oleh negara lain loh, karena khasiatnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Inilah alasan buah merah menjadi incaran banyak orang termasuk orang dari negara lain:
  1. Darah Tinggi

    Tekanan darah tinggi / Gambar via goredforwomen.org
    Ketika jantung tidak bekerja memompa darah sebagaimana mestinya, dapat menyebabkan darah tinggi. Buah merah berfungsi karena kandungan tokoferol di dalamnya dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.
  2. Stroke

    Stroke / Gambar via webmd.com
    Jika ada yang terkena stroke, buah merah dapat membantu memulihkannya. Hal ini disebabkan karena kandungan tokoferol yang ada dapat mencegah penggumpalan darah dengan mengencerkannya. Caranya adalah dengan meminum sari buah merah dengan takaran 2-3 kali sehari sebanyak 1 sendok.
  3. Asam Urat

    Asam urat / Gambar via healthyfoodhouse.com
    Kembali lagi fungsi tokoferol pada buah merah dapat membantu menyembuhkan asam urat. Hal ini dikarenakan tokoferol dapat melancarkan peredaran darah dan membuah kerja liver kembali normal.
  4. Diabetes Melitus

    Diabetes / Gambar via nanopress.it
    Diabetes melitus dapat disembuhkan dengan buah merah, yaitu melalui konsumsi minyak buah merah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E alami atau tokoferol yang ada pada buah merah dapat memperbaiki kerja pankreas, sehingga fungsinya untuk mensekresi insulin menjadi sempurna.
  5. HIV/AIDS

    HIV/AIDS / Gambar via hivplusmag.com
    Kandungan tokoferol atau vitamin E dan betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Keduanya juga dapat bekerja sama untuk memecah senyawa asam amino yang dibutuhkan oleh virus HIV. Untuk penyembuhan AIDS, buah merah dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk dan sebagai pendamping obat dokter.
Karena khasiatnya ini, buah merah banyak diburu oleh ahli pengobatan, termasuk juga ahli pengobatan dari negara lain. Untuk itu, kita patut berbangga karena Indonesia memiliki buah endemik yang banyak khasiatnya.
Hebat! Buah Endemik Indonesia ini jadi Buruan Negara Lain karena Khasiatnya yang Luar Biasa! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top