Friday, November 18, 2016

Hebat! Tari Asli Indonesia ini Berhasil Taklukkan Dunia!

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali keanekaragaman budaya. Salah satu budaya Indonesia yang banyak dikenal dan telah keluar ke dunia internasional adalah tari. Setiap daerah di Indonesia memiliki tari khas daerahnya masing-masing.

Tapi, tiga tari asal Indonesia ini berhasil membuat dunia internasional takjub, dan ini menjadi identitas asli Indonesia. Tari apa sajakah itu?

Inilah tari asli Indonesia yang berhasil taklukkan dunia:
  1. Tari Saman (Aceh)

    Tari Saman / Gambar via topindonesiaholidays.com
    Tari yang berasal dari ujung barat Indonesia ini telah memukai dunia melalui gerakannya. Gerakan dimana para penari duduk kemudian menari mengikuti irama dan lantunan lagu dari penabuh alat musik, dengan tempo yang semakin lama semakin cepat. Keunikan dari tari asal Aceh ini adalah dari gerakannya yang kompak meskipun makin lama makin cepat.
  2. Tari Pendet (Bali)

    Tari Pendet / Gambar via duniacare.com
    Tari yang satu ini sangat terkenal tak hanya di Bali dan Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Tarian asal Bali ini kerap kali dipertunjukkan di pagelaran seni. Keluwesan penari dan keahlian gerakan mata para penari adalah ciri khas dari tari pendet.
  3. Tari Reog Ponorogo (Ponorogo, Jawa Timur)

    Tari Reog Ponorogo / Gambar via YouTube Indonesian Culture
    Tarian ini biasa dipentaskan di acara tertentu atau acara pernikahan. Ciri khasnya adalah topeng-topeng singa yang dikenakan para pemain. Hebatnya lagi, topeng ini memiliki berat 50-60 kg yang hanya diangkat oleh kepala sang penari.
Itulah tarian Indonesia yang berhasil taklukkan dunia. Dengan adanya tari-tarian ini, kita wajib bangga dengan Indonesia. Selalu lestarikan kekayaan budaya Indonesia agar tidak diakui oleh negara lain.
Hebat! Tari Asli Indonesia ini Berhasil Taklukkan Dunia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top