Thursday, November 17, 2016

Hebat! Usaha Modal Rp 500 Ribu, Omset Rp 300 Juta! Padahal Cuma Lulusan SD!

Seringkali kita memandang sebelah mata pekerjaan dimana tidak membutuhkan skill atau pengetahuan yang tinggi. Banyak yang menganggap bahwa jika ingin sukses, maka pendidikan yang ditempuh haruslah tinggi. Padahal sejatinya tidak.

Pendidikan yang rendah, bahkan tidak dapat menyelesaikan wajib belajar 12 tahun pun dapat memperoleh kesuksesan. Hal ini terbukti dengan seorang lelaki yang ia sendiri tidak tamat SMP, tapi sekarang omset yang ia terima per bulan mencapai Rp 300 juta!
Ternak bebek / gambar via palembang.tribunnews.com
Dia adalah Jati Utama, kini usianya 25 tahun dan sudah memiliki dua orang anak. Ia adalah lelaki asal Desa Talang Pauh. Jati Utama dikenal dengan nama Tulus, yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan SMP nya. Tapi kini, omset yang ia dapatkan per bulan mencapai Rp 300 juta.

Bisnis apa yang dilakukan oleh Tulus?

Di tahun 2008, Tulus memutuskan untuk mencoba usaha jual bebek siap masak dengan modal Rp 500 ribu. Bisnisnya melebar dari hanya menjual bebek siap masak untuk lesehan, rumah makan, hingga kini menjadi restoran.

Meski sudah sukses, Tulus tetaplah lelaki yang rendah hati. Ia masih memakai baju yang biasa-biasa saja, bahkan terkesan lusuh, mirip sekali dengan penggembala bebek di sawah.

Dengan penampilannya yang seperti itu, tidak ada yang menyangka bahwa Tulus adalah pemilik rumah potong itik Desa Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Ia juga lebih sering menghabiskan waktunya di kandang bebek.

Penghasilan per hari Tulus ditaksir Rp 10 juta, dengan omset sebesar itu, ia berani menggaji 8 orang karyawannya sebesar Rp 1.500.000.

Awalnya, Tulus tidak menyangka bisa menggaji orang dan memiliki omset sebesar itu. Tapi karena ketekunan dan keuletannya dalam bekerja, semua itu membuahkan hasil yang manis. Bahkan ia sendiri tidak menyangka dapat bermukim di Talang Pauh.

Kini Tulus menjadi penyuplai bebek dan ayam di daerah Sumatera. Namun, bisnisnya ini tidak selalu mulus. Ia bahkan pernah rugi hingga puluhan juta karena bebeknya terjangkit virus flu burung. Kini, ia selalu sedia vaksin untuk mengantisipasi penyakit pada unggas-unggasnya.

Wah hebat ya, ternyata jika kita berusaha, tak peduli lulusan apa, kita dapat menemui kesuksesan.
Hebat! Usaha Modal Rp 500 Ribu, Omset Rp 300 Juta! Padahal Cuma Lulusan SD! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top