Thursday, November 17, 2016

Ingin jadi Pengusaha Impor yang Sukses? Yuk Ikuti Tips ini!

Bisnis sangat luas cakupannya, tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri, seperti bisnis ekspor impor. Perdagangan lintas negara sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala, dimana Indonesia menjadi jalur lintas perdagangan rempah-rempah yang ramai.

Berbicara mengenai bisnis impor, mungkin bagi orang awam hal ini terdengar sulit mengingat birokrasi dan besarnya modal yang dibutuhkan. Tapi ketika kita sudah tahu seluk beluknya, semua itu akan menjadi mudah dan bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Bisnis impor / Gambar via terraports.com
Bisnis impor merupakan bisnis yang menjanjikan, alasannya karena faktor ketersediaan. Suatu negara tidak dapat membuat semua barang, pasti ada barang tertentu yang tidak dapat dibuat. Di sinilah peluang bagi para pengusaha untuk mencari barang apakah itu, yang banyak dicari tapi tidak diproduksi di negeri sendiri.

Faktor yang kedua adalah sikap masyarakat kita yang konsumtif. Mereka akan merasa bergaya dan naik kelas apabila mampu membeli barang buatan luar negeri, apalagi buatan Eropa. Dan yang terakhir adalah karena harganya lebih murah daripada mendatangkan atau membuat di dalam negeri.

Di sini kita bisa melihat beberapa keuntungan dari bisnis impor, mungkin sampai di sini sudah ada yang semakin tertarik dengan bisnis tersebut. Penasaran seperti apa tips agar jadi pengusaha impor yang sukses?

Inilah tips agar dapat menjadi pengusaha impor yang sukses:
  1. Tentukan Pasar yang akan Dituju

    Tentukan dulu pasar yang akan dituju, apakah pasaran dari jualanmu itu para supplier, pedagang, retailer, atau yang lainnya. Dengan kita sudah mengetahui siapa pasar kita, langkah selanjutnya akan menjadi lebih mudah.
  2. Menyiapkan Diri

    Membangun bisnis tak semudah ketika kita menjadi karyawan, karena kita harus siap mental dan harus tahan banting. Kita memerlukan ide-ide kreatif setiap hari, semangat dan motivasi yang tidak pernah padam, dan senang tantangan, karena ketidakpastianlah yang akan kita hadapi setiap harinya nanti.
  3. Harus Beda dan Unik

    Produk apa yang akan kita jual? Apa keunikan dan keunggulan dari produk yang kita miliki sehingga orang lain harus membeli produk kita? Kita harus dapat mengidentifikasi hal tersebut dan cari keunikan dari produk yang kita jual supaya tidak kalah saing.
  4. Hitung Peluang dan Pelajari Kompetitor

    Tentukan produk apa yang akan kamu jual, bagaimana saingan dari produk tersebut atau pengimpor lain. Pelajari juga karakter orang yang terjun di bisnis yang sama dengan kamu, cermati apa yang mereka tawarkan, dan tentu saja selalu pilih produk yang menguntungkan untukmu.
  5. Harus Jeli dengan Hukum

    Ini juga hal yang penting dalam bisnis impor, kita harus tahu hukum yang berlaku. Hukum ini penting kita taati supaya dalam kita melakukan bisnis, kita aman dan tidak berurusan dengan pihak yang berwajib.
Memang terlihat rumit, tapi kalau kamu sudah terjun di dalamnya dan mengetahui seluk beluknya, semua itu akan menjadi mudah. Selamat mencoba dan semoga sukses!
Ingin jadi Pengusaha Impor yang Sukses? Yuk Ikuti Tips ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top