Monday, November 28, 2016

Ingin Sembunyikan File di Android tanpa Aplikasi? Begini Caranya!

Handphone atau sekarang sering kita sebuh smartphone termasuk dalam barang pribadi milik kita. Tentu saja kita berhak melarang orang lain yang ingin meminjamnya dengan berbagai alasan.

Seringkali, kita juga menyimpan berbagai file di smartphone dan tak jarang file tersebut hanya kita yang boleh tahu. Jadilah kita ingin menyimpan file tersebut agar tidak ada orang yang melihat sewaktu meminjam smartphone kita.
Menyembunyikan folder tanpa aplikasi / Gambar via androidpit.com
Memang, aplikasi untuk menyembunyikan file di android sangat banyak sekali, bahkan kamu tinggal pilih di Play Store. Tapi, tak semuanya recommended, bahkan kamu juga perlu khawatir kalau aplikasi tersebut justru malah menyebarkan file rahasiamu. Oleh karena itu, kamu perlu cara lain untuk menyembunyikan file mu tanpa harus menggunakan aplikasi. Bagaimana caranya?

Inilah cara sembunyikan file android tanpa menggunakan aplikasi:

  1. Buka File Manager di android atau smartphone kita.
  2. Lalu, buat folder dengan diberi titik dua, contohnya: "sembunyikan". Hal ini dikarenakan folder tersebut memiliki ekstensi yang tidak dikenali oleh android, maka folder ini tidak akan muncul di File Manager.
  3. Untuk memunculkannya, ubah pengaturan pada File Manager, kemudian buka pada menu Settings dan pilih Hide System Files.
  4. Jika folder tersebut telah muncul kembali, kamu bisa isi folder dengan file yang ingin dihilangkan.
  5. Untuk menghilangkannya, aktifkan opsi Hide System Files pada menu Settings.
Kelemahan dari cara ini adalah tidak dilengkapi password atau enkripsi lainnya. Jadi dapat dibuka jika orang lain tahu mengenai metode ini. Tapi keunggulannya, kamu tak perlu menambahkan aplikasi di android sehingga tidak menghabiskan memori smartphone dan file tersebut tidak muncul dalam File Manager.

Selamat mencoba!
Ingin Sembunyikan File di Android tanpa Aplikasi? Begini Caranya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top