Friday, November 4, 2016

Inilah Arti Memaknai Sholat dengan Batin

Batin merupakan suatu hal yang terdapat di hati, yang menyangkut jiwa dan perasaan. Terkadang, apa yang ada di dalam batin seseorang berbeda dengan apa yang ia ucapkan atau lakukan.

Menurut Imam Al Ghazali, makna batin di dalam sholat memiliki banyak ungkapan. Beliau menjelaskannya dalam enam perkara, yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Apa saja keenam perkara itu dan maksudnya?
Sholat / Gambar via istockphoto.com
Inilah maksud dari enam perkara sholat dengan batin:
  1. Menghadirkan Hati

    Sholat dengan menghadirkan hati berarti menjaga dialog hati dan mengosongkan hati dari semua hal dan perkara yang tidak ada kaitannya dengan amalan yang dikerjakan. Pikiran tidak boleh memikirkan dari selain perbuatan dan yang terkait dengan amalan.

    Ketika sholat, hendaknya pikiran kita hanya tertuju pada Allah Ta'ala. Kehadiran hati bukanlah suatu keterpaksaan dan bukan hal yang diusahakan, melainkan hati akan hadir kepada perhatian utama. Jika kita masih memikirkan duniawi, maka kita dianggap lalai.
  2. Kefahaman atau Tafahhum

    Kefahaman dapat diartikan sebagai peliputan hati yang mengetahui dengan benar setiap lafadz dan gerakan sholat. Pengetahuan dari perilaku sholat di setiap lafadz, gerakan sholat, dapat memancarkan hikmah akhlakul karimah dalam kehidupan.
  3. Rasa Hormat

    Rasa hormat ini akan hadir dan muncul dari ma'rifat kepada kemuliaan dan keagungan Allah Ta'ala. Siapa yang tidak meyakini keagungan-Nya maka jiwa tidak akan mau mengagungkan-Nya. Buah dari ma'rifat kepada Allah Ta'ala adalah khusyu' ketundukan pada Allah Ta'ala.
  4. Rasa Takut yang Bersumber dari Rasa Hormat

    Semakin tinggi dan dalam pengetahuan dan ma'rifat seseorang terhadap Allah Ta'ala, akan menjadikan orang tersebut semakin takut kepada Allah Ta'ala.
  5. Raja' atau Penuh Pengharapan

    Pengharapan ini muncul karena ada keyakinan pada diri terhadap janji dari Allah Ta'ala dan pengetahuan tentang keindahan ciptaan-Nya, kelembutan-Nya, serta keluasan nikmat Allah Ta'ala.
  6. Rasa Malu

    Rasa malu akan muncul dari perasaan serba kekurangan dalam mengerjakan amal beribadah dan juga dari pengetahuan diri akan ketidakmampuan dalam menunaikan hak-hak Allah Ta'ala. Rasa malu ini akan semakin kuat karena mengetahui kekurangan, cacat diri, kurang ikhlas dalam beribadah, dan keburukan hati yang masih cenderung pada kehidupan duniawi.
Itulah makna sholat dari batin, oleh karena itu marilah kita berdo'a kepada Allah Ta'ala supaya kita dapat memaknai sholat dengan batin untuk meraih ridha Allah Ta'ala.
Inilah Arti Memaknai Sholat dengan Batin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top