Friday, November 18, 2016

Inilah Cara agar Anak tidak Tertular Problem Depresi Orang Tua

Depresi dapat menyerang siapa saja. Penyebabnya pun dapat bermacam-macam, tergantung pada apa yang dilakukan oleh orang tersebut.

Banyak dari pasangan suami istri yang merasa depresi, terutama setelah mereka memiliki anak. Bahayanya, depresi yang terjadi pada orang tua dapat menular pada anaknya. 

Ilustrasi depresi / Gambar via womenshealthency.com
Depresi yang dialami orang tua dapat mempengaruhi performa anak di sekolah, hal ini sesuai dengan pandangan dari Brian Lee, dari Drexel University School of Public Health di Philadelphia.

Menurut Lee, kesehatan mental orang tua turut serta dalam pengaruhnya pada performa anak di sekolah. Inilah yang menjadikan anak rentan bila orang tuanya mengalami depresi.

Seorang ibu yang depresi lebih dapat mempengaruhi kondisi mental anak perempuannya dibandingkan dengan anak laki-lakinya. Tapi, jika depresi itu dapat ditangani dengan baik dengan terapi atau obat, maka dapat mengurangi masalah pada anak-anaknya.

Meski mengkhawatirkan, depresi pada anak dapat diobati dan dicegah. Berikut ini ada cara agar anak tidak tertular problem depresi orang tuanya.

Inilah tips mencegah depresi pada anak:
  1. Terbuka

    Terbuka pada anak itu penting, apalagi jika orang tua sering mengobrol dengan anak. Dengan seringnya ini, anak akan enjoy ketika berbicara dengan orang tua dan tak segan mengutarakan apa yang sedang ia rasakan, apakah ia sedang sedih, senang, atau bimbang.
  2. Ajari Kenyataan

    Tak semuanya indah seperti dalam cerita dongeng, ada kalanya seseorang itu harus kecewa karena suatu hal tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Ajarkan hal itu pada anak, dengan begitu anak dapat menerima kenyataan-kenyataan agar ia tak kecewa.
  3. Pertimbangkan Terapi Pencegahan

    Jika anak sudah menunjukkan gejala depresi atau ketika orang tua sudah terkena depresi, jangan ragu untuk mengkonsultasikan pada ahli. Jika dibutuhkan terapi atau obat, maka lakukanlah.
  4. Awasi Apa yang Ditonton

    Perhatikan apa yang ditonton oleh anak, jangan sampai anak menonton suatu hal yang membuatnya terlalu sedih dan takut pada kehidupan. Waspadai juga dengan tokoh idolanya, jika terlalu ideal dikhawatirkan ia tidak akan puas dengan dirinya.
  5. Hubungan yang Kuat dengan Orang Dewasa

    Dengan dukungan yang kuat pada anak, maka anak akan merasa senang dan jauh dari rasa takut.
Itulah beberapa cara agar anak tidak tertular depresi dari orang tuanya.
Inilah Cara agar Anak tidak Tertular Problem Depresi Orang Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top