Saturday, November 5, 2016

Inilah 5 Dampak Besar pada Anak karena Kesalahan Sepele Ibu!

Ibu adalah pusat pendidikan bagi anak-anaknya. Sejak bayi, anak sudah dididik dan diajarkan oleh ibu. Mulai dari makan, berkomunikasi dengan orang lain, hingga pelajaran membaca dan menulis. Tentunya ini adalah pelajaran dasar yang dapat digunakan di kehidupan selanjutnya.

Terkadang ibu melakukan beberapa kesalahan pada anak. Kesalahan itu sebenarnya hal yang sepele, bukan kesalahan yang besar. Tapi dampak yang ditimpulkan sangat besar bagi anak. Apa saja kesalahan itu?

Inilah dampak besar pada anak karena kesalahan sepele ibu:
  1. Merapikan Barang yang Habis Digunakan Anak

    Biasanya ibu yang akan membereskan mainan anak yang berserakan, membersihkan makanan anak yang berhamburan, dimana hal ini dirasa lebih efektif untuk membuat rumah cepat bersih dan rapi. Tapi hal ini justru membuat anak malas dan tidak disiplin.
    Latih anak merapikan mainannya sendiri / Gambar via parents.com
    Oleh karena itu, biasakan anak untuk membereskan mainannya sendiri dan merapikannya. Didik anak untuk disiplin, ibu mengajarkan dan anak yang melakukan.
  2. Selalu Meminta Kakak Mengalah pada Adik

    Biasanya kakak selalu diminta mengalah dari adik, hal ini membuat kakak merasa dongkol dan sebal serta bisa jadi sang kakak menyalahkan kelahiran adik. Adik pun merasa setiap permintaannya akan dituruti.
    Selalu minta kakak mengalah / Gambar via kid101.com
    Oleh karena itu, jangan jadikan kakak sebagai korban untuk selalu mengalah pada adik. Sebaiknya buat aturan baru, siapa yang benar harus dibenarkan. Misalnya kakak yang benar, haruslah dia yang dibenarkan dan jangan membela adik meski dia salah.
  3. Tidak Memperhatikan ketika Anak Bicara

    Seringkali ibu merasa jengkel ketika anaknya mengajak bercerita, memang tipikal anak kecil seringkali mengulang pertanyaan yang sama. Tapi sebaiknya, ibu memberi perhatian ketika sang anak sedang bicara. Tatap matanya, jika perlu beri ia pelukan kasih sayang.
    Tidak memperhatikan anak / Gambar via escrito.info
    Ini akan membuat sang anak merasa penuh kasih sayang dan ketika tumbuh besar nanti ia akan merasa nyaman bercerita tentang apa yang ia alami pada ibu. Ingat, momen ketika anak kita masih kecil tidak akan terulang lagi, jadi jangan sampai kehilangan momen itu ya. Halaman selanjutnya
Inilah 5 Dampak Besar pada Anak karena Kesalahan Sepele Ibu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top