Tuesday, November 22, 2016

Inilah Gaya Hidup yang Benar dalam Islam

Terkadang kita berpikir apakah gaya hidup yang kita jalani sudah benar sesuai Islam? Ada orang yang membelanjakan hartanya secara sederhana, artinya ia mencukupi kebutuhan hidupnya tidak berlebihan, sederhana, dan cukup. Ada pula yang membelanjakan hartanya dengan berlebihan, yang terpenting adalah kualitas dan merk sehingga kerap kali uang yang ia dapatkan tidak cukup.

Ada pula orang yang menjaga hartanya agar tidak dibelanjakan terlalu banyak, alias pelit atau kikir. Dua tipe ini, yang kikir dan yang berlebihan, biasanya tidak rela ketika mengeluarkan uang untuk sedekah. Padahal, sedekah itu penting dan jangan pernah takut miskin karena bersedekah.
Belanjakan uang di jalan Allah Ta'ala dengan baik / Gambar via foxnews.com

Lalu, bagaimana gaya hidup yang benar dalam Islam?

Gaya hidup yang baik adalah gaya hidup yang pertengahan, artinya tidak boros dan tidak kikir. Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Isra: 29, "Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal."

Dalam Al Qur'an Surat Al Furqon ayat 67, Allah Ta'ala berfirman, "Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian."

Sikap pertengahan adalah yang paling baik dan disukai oleh Allah Ta'ala. Ketika seorang muslim mengelola keuangannya secara pertengahan, maka ia terjamin tidak akan miskin. Mengatur pembelanjaan sesuai dengan aturan Islam juga menjadikan Allah Ta'ala melipat gandakan pahala dan keberkahan.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Allah Ta'ala akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan dengan pertengahan dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga pada hari ia miskin dan membutuhkannya." (HR. Ahmad)

Oleh karena itu, agar kita mendapat berkah dari Allah Ta'ala dan dapat hidup sesuai anjuran Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, bersikaplah pertengahan dalam pengeluaran, jangan kikir dan jangan boros. Bijaklah dalam menggunakan harta.

Wallahu a'lam bishawab.
Inilah Gaya Hidup yang Benar dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top