Thursday, November 17, 2016

Inilah Kesalahan pada Resume yang sering Dilakukan para Pelamar Kerja Menurut Para Ahli

Melamar pekerjaan memang bukan hal yang mudah, perlu banyak faktor agar seseorang dapat diterima bekerja. Bisa jadi, bukan kamu yang salah melainkan resume yang kamu buat. Benar salahnya resume juga menjadi faktor yang banyak mempengaruhi apakah kamu akan diterima bekerja atau tidak.

Untuk mengetahuinya, tiga ahli dalam wawancara memberitahu kesalahan paling fatal yang sering dilakukan oleh pelamar. Tiga ahli tersebut adalah Tina Nicolai, founder dari Resume Writers, Lisa Rangel, managing director dari Chameleon Resume, dan Amy Adler, CEO dari Five Strengths. Penasaran kesalahan apa saja itu?
Ilustrasi resume / Gambar via livecareer.com
Inilah kesalahan pada resume yang sering dilakukan para pelamar kerja menurut para ahli:
  1. Memasukkan Terlalu Banyak Informasi

    Masukkan hanya informasi yang penting dan relevan saja dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Memasukkan terlalu banyak informasi justru membuatmu terlihat tidak fokus dan terlalu penuh dengan informasi yang tak penting.
  2. Tulisan Berantakan dan tak Profesional

    Para ahli menemukan bahwa seringkali lamaran ditulis dengan font yang tidak standar dan cenderung kekanak-kanakan. Selain itu, konten dari resume juga banyak yang mengandung typo dan informasinya sendiri sudah tidak relevan.

    Selain itu, hal yang paling mengganggu adalah membeberkan deretan tanggungjawab pada pekerjaan lama. Lebih baik menjelaskan pekerjaan apa yang dilakukan daripada memaparkan daftar tanggungjawabnya yang belum tentu dilakukan semua.
  3. Melupakan Media Sosial

    Media sosial ini juga penting untuk memikat hati para bos. Biasanya media sosial yang dituju adalah LinkedIn. Di sana perusahaan yang akan merekrutmu dapat melihat lebih banyak tentangmu, oleh karena itu kamu bisa buat profil semenarik mungkin. Tapi ingat, jangan sampai profil yang kamu buat memalukan dan justru membuat ciut hati bos yang akan merekrut.
Buat kamu yang sudah melamar kerja tapi belum mendapatkannya, apakah hal itu yang kamu lakukan? Jika iya, segera ubah cara penulisan resume mu!
Inilah Kesalahan pada Resume yang sering Dilakukan para Pelamar Kerja Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top