Saturday, November 5, 2016

Inilah Metode Curhat yang Bisa Menjadi Terapi Jiwa

Meskipun kita lebih senang menyendiri, tapi tak bisa dipungkiri bahwa kita memerlukan orang lain. Orang lain untuk sekedar diajak bercerita atau biasa kita sebut curhat.

Setiap orang memerlukan curhat ke orang lain, ketika hati sedang sedih, pikiran kacau, karena hal ini dapat menenangkan hati. Meski tak selalu apa yang diucapkan oleh teman curhat kita dapat membantu, setidaknya kita bisa lega karena telah menceritakan pada orang lain.
Curhat / Gambar via liesyoungwomenbelieve.com
Dalam hal ini, ada metode-metode curhat yang dapat menjadi terapi bagi jiwa. Apa saja itu?

Inilah metode curhat yang bisa menjadi terapi jiwa:
  1. Curhat ke Orang Terdekat

    Sering curhat dengan orang tua, saudara, sahabat, dapat menangani masalah stres tingkat tinggi. Atau jika sudah sangat bermasalah, kamu bisa curhat pada psikiater terpercaya. Sayangnya, orang-orang memiliki kesibukan masing-masing dan terkadang tidak ingin mendengarkan kita curhat karena akan memakan waktunya.

    Oleh karena itu, kamu perlu selektif memilih orang untuk diberi kepercayaan atas apa yang kamu curhatkan. Ucapkan terima kasih karena telah mau mendengarkan dan meluangkan waktunya untuk mendengarkan curhatmu.
  2. Curhat Melalui Tulisan

    Jika kamu lebih suka menulis daripada cerita ke orang lain, maka tulislah. Bisa di diary, blog, sosial media, atau tempat lainnya. Yang perlu diingat, jangan sampai kisah yang sangat pribadi ini tersebar karena kelalaianmu memilih tempat curhat. Jika hanya untuk diri sendiri, tulislah di buku diary.
  3. Curhat pada Sepertiga Malam Terakhir

    Artinya adalah curhat kepada Allah Ta'ala. Allah Ta'ala Maha Mendengar, Allah Ta'ala akan mendengarkan do'a dan cerita yang kita sampaikan. Bahkan, Allah Ta'ala akan mengabulkan do'a kita. Allah Ta'ala yang tahu pasti apa yang sedang terjadi padamu. Setelah sholat tahajud dan memanjatkan do'a pada Allah Ta'ala, pastilah hati dan pikiranmu akan lega.

    Dalam Qur'an Surat Thaha ayat 46, Allah Ta'ala berfirman, "Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu, Aku mendengar dan melihat."
Semoga metode curhat tersebut dapat membantu kita mengatasi masalah yang sedang terjadi pada kita. Aamiin.
Inilah Metode Curhat yang Bisa Menjadi Terapi Jiwa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top