Sunday, November 13, 2016

Inilah Tips agar Terhindar dari Sambaran Petir

Musim hujan telah tiba, hal yang pasti juga akan datang adalah petir. Petir kerap kali muncul ketika hujan. Petir timbul karena adanya gaya tarik menarik muatan positif dan negatif di atmosfer sehingga menimbulkan muatan listrik yang kita lihat sebagai petir.

Petir dapat menyambar apa saja yang ada di bumi, termasuk jua manusia. Jika sudah menyambar dapat menyebabkan bahaya, bahkan tak jarang orang bisa meninggal karena tersambar petir. Tapi tenang, ada cara agar terhindar dari sambaran petir.
Petir / Gambar via theodysseyonline.com
Inilah tips agar terhindar dari sambaran petir:
  1. Hindari Berlindung di bawah Pohon

    Ketika kita sedang berada di jalan dan hujan petir datang, carilah tempat berteduh asal jangan di bawah pohon. Pohon merupakan medan elektris yang dapat dengan mudah disambar oleh petir. Jadi, bukannya kamu aman di bawah pohon tapi malah keselamatanmu terancam ketika di bawah pohon.
  2. Kendaraan yang Aman

    Tak masalah ketika kita bepergian dan petir menyambar, asalkan kendaraan yang kita naiki aman. Aman di sini maksudnya adalah kendaraan yang tertutup sepenuhnya dan berlapis atas logam, di dalam kendaraan tidak menggunakan perangkat elektronik selama petir terjadi.
  3. Berlindung dalam Gedung yang Aman

    Jika sedang berada di luar rumah dan petir datang, berlindunglah di gedung yang terdapat konduktor penangkal petir. Jika tidak, carilah atap yang terbuat dari logam.
  4. Jangan Berhubungan dengan Air atau Aliran Listrik

    Hindari mencuci tangan atau mandi, serta menyentuh dan mencabut alat yang berhubungan dengan listrik yang tersambung dengan sakelar listrik yang ada di dinding. Hal ini untuk menghindari hantaran listrik dari sambaran petir.
Musim hujan haruslah menjadikan kita lebih waspada dan pandai dalam membaca kondisi cuaca, supaya dapat mengantisipasi segala hal yang terjadi.
Inilah Tips agar Terhindar dari Sambaran Petir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top