Wednesday, November 23, 2016

Inilah Tips agar tidak Berpikir Berlebihan

Namanya manusia, seringkali berpikir tentang apa yang akan terjadi pada hidupnya. Bahkan, ada orang yang berpikir terlalu serius terhadap hal yang sebenarnya tak perlu dipikirkan dengan serius, misalnya ia menjadi sangat serius memikirkan akan makan apa untuk makan malam, pergi nonton bioskop dengan siapa, dan hal lainnya.

Tak usah terlalu terforsir pada pikiran-pikiran seperti itu, karena jika otak dipaksa juga tidak akan baik. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi pikiran-pikiran berlebihan yang sering kamu lakukan.
Berpikir keras / Gambar via saramaudehypnotherapy.com
Inilah tips agar tidak berpikir berlebihan:
  1. Tuliskan Apa yang Dipikirkan

    Menuliskan apa yang kita pikirkan di selembar kertas dapat membuat proses berpikir lebih baik. Hal ini dapat membuat pikiran tak hanya terjebak di kepala, sehingga harus dimunculkan dengan cara ditulis.

    Jika berhasil dilakukan, maka akan mengubah pikiran berlebihan tersebut yang tadinya dianggap penting menjadi tidak bermakna.
  2. Alihkan Pikiran

    Berpikir dua hal yang berbeda dalam satu waktu memang tak mudah. Cara yang tepat adalah dengan melakukan beberapa kegiatan lain. Misalnya kamu bisa mengalihkan pemikiran pada bermain game, olahraga yang memerlukan kontak fisik, atau berjalan-jalan dengan teman.
  3. Terima Kesalahan dan Perubahan

    Sudah hal wajar jika manusia merasa gagal pada apa yang ia kerjakan. Tapi ingat, bahwa kegagalan bukanlah kehancuran, melainkan kesuksesan yang tertunda. Bisa jadi kegagalan itu menjadi kesempatan untuk berkembang lebih baik lagi.

    Menerima kesalahan dan menyadari situasi bisa berubah kapanpun akan memberi kebebasan batin sekaligus kedamaian jiwa.
  4. Tentukan Waktu Dilarang Berpikir

    Kamu boleh memikirkan suatu hal secara berlebihan, misalnya masalah yang sedang kamu hadapi, tapi kamu harus batasi waktunya. Misalnya kamu tidak usah berpikir berlebihan setelah pukul 8 malam karena akan mempengaruhi tidurmu. Jika muncul kembali pikiran tersebut, ingatkan diri bahwa kamu akan memikirkannya nanti.
  5. Fokus pada Apa yang sedang Dikerjakan

    Fokuslah terhadap apa yang sedang kamu kerjakan, jangan berpikir hal lain, masa lalu atau masa depan yang belum terjadi. Jika muncul pikiran tersebut, beralihlah ke hal yang lebih produktif atau ke suatu tindakan nyata.
Dengan begitu, kita bisa mengurangi beban pikiran kita. Yang terpenting, kamu harus percaya pada diri sendiri bahwa hal itu tidak akan mempengaruhi hidupmu.
Inilah Tips agar tidak Berpikir Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top