Friday, November 11, 2016

Inilah Tips Mendidik Anak agar Patuh pada Orang Tua tanpa Memaksa

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya patuh dan tidak membangkang. Tapi, untuk menjadikan anak patuh itu tidaklah mudah, perlu kesabaran dalam mendidik. Mendidik anak bukan dengan cara kekerasan, jika hal ini terjadi bukannya anak menjadi patuh, tapi malah menjadi takut pada orang tua dan bisa jadi malah membangkang.

Oleh karena itu, salah satu kunci agar anak menjadi patuh adalah didikan yang benar dari orang tua. Bukan dengan kekerasan fisik maupun psikis, tapi dengan cara-cara seperti di bawah ini.
Tips membuat anak patuh tanpa paksaan / Gambar via iloveqatar.net

Inilah tips mendidik anak agar patuh pada orang tua tanpa memaksa:
  1. Beri Contoh Positif

    Anak adalah peniru terbaik dari orang tuanya. Oleh karena itu, berilah contoh-contoh positif supaya anak mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tua. Tanpa disuruh, anak akan melakukan hal baik tersebut.
  2. Memperkuat Hubungan dengan Anak

    Luangkan waktu bersama anak, dengan begitu anak akan merasa dekat dengan orang tua. Jika hubungan anak dengan orang tua baik, maka orang tua akan dengan mudah mengontrol sikap anak dan anak pun merasa nyaman mengutarakan apa yang ia rasakan pada orang tua.
  3. Konsisten terhadap Peraturan yang Dibuat

    Jika orang tua menetapkan peraturan, hendaknya konsisten untuk ditaati. Misalnya di hari sekolah tidak boleh menonton TV, maka itu harus dipatuhi. Dengan begitu, anak akan diajari untuk menjadi lebih disiplin.
  4. Bersikap Tegas

    Tegas bukan berarti keras, karena dalam ketegasan itu masih ada kelembutan dan kasih sayang. Tegaskan pada anak bahwa mereka harus bisa mengikuti arahan orang tua, selain itu orang tua juga harus mengerti bagaimana perasaan anak.
  5. Buat Anak Menyadari Kesalahannya

    Buat anak menyadari kesalahannya dan berikan hukuman sebagai konsekuensi atas kesalahannya. Hukuman boleh diterapkan, asalkan masuk akal dan sesuai dengan kesalahan yang diperbuat oleh anak. Dengan begitu, anak akan mengerti jika ia melakukan kesalahan tersebut maka ia akan dihukum.
  6. Beri Pujian atau Penghargaan ketika Anak Mematuhi Peraturan

    Dengan memberinya pujian atau penghargaan ketika anak melakukan apa yang kita minta, hal tersebut akan menjadikan anak merasa dihargai. Dengan begitu, tanpa dipaksa ia akan mematuhi apa yang orang tuanya inginkan.
Membuat anak patuh terhadap orang tua memang susah-susah gampang. Intinya, jika ingin anak kita menjadi baik, kita sebagai orang tua juga harus memberi contoh yang baik pula.
Inilah Tips Mendidik Anak agar Patuh pada Orang Tua tanpa Memaksa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top