Saturday, November 5, 2016

Inilah Tips Mengetahui Kecerdasan Anak dan Stimulasinya

Setiap anak memiliki keahlian dan kelemahan mereka sendiri. Kecerdasan tidak hanya diukur dari nilai matematikanya. Bisa saja seorang anak yang tidak mahir di bidang matematika, bahkan tidak bisa berhitung, tapi bisa jadi ia memiliki kecerdasan lain.

Seperti dalam film Taare Zameen Paar, dimana tokoh Ishaan dikira adalah seorang anak yang bodoh karena tak bisa membaca dan menulis, namun sebenarnya ia pandai dalam hal lain yaitu menggambar dan melukis. Itulah bukti bahwa kecerdasan tiap anak berbeda.
Kecerdasan anak berbeda-beda / Gambar via agonistica.com

Tips mengetahui kecerdasan anak dan stimulasinya

Seorang pakar multiple inteligence atau kecerdasan multipel, Dr. Thomas Armstrong mengatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan anak. Diantaranya adalah word smart (kecerdasan linguistik), number smart (kecerdasan logika atau matematis), self smart (kecerdasan intrapersonal), people smart (kecerdasan interpersonal), music smart (kecerdasan musikal), picture smart (kecerdasan spasial), body smart (kecerdasan kinetik), dan nature smart (kecerdasan naturalis).

Orang tua harus tahu manakah kecerdasan yang dimiliki oleh anak agar dapat dikembangkan dengan baik. Caranya, orang tua harus lebih sering berinteraksi dengan anak.

Perhatikan apa yang disukai anak, ketika anak senang mendengarkan musik dan lebih tertarik dengan musik, cobalah belikan alat musik untuk mengoptimalkan kecerdasan anak. Jika anak suka dengan gambar dan melukis, cobalah beli peralatan gambar, mewarnai, dan lukis.

Berikan pertanyaan-pertanyaan stimulasi apa yang disukai oleh anak. Dengan begitu, orang tua dapat mengetahui sejak dini potensi dan kecerdasan anak. Jika sudah diketahui, maka tinggal dikembangkan dan anak mudah diarahkan kearah kesuksesannya.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Inilah Tips Mengetahui Kecerdasan Anak dan Stimulasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top