Sunday, November 13, 2016

Inilah Tips Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur!

Biasanya, di hari biasa orang-orang akan kekurangan waktu tidur, maka dari itu mereka melampiaskannya di hari libur dengan tidur sepuas-puasnya. Bukan lagi delapan jam, malah bisa sampai sepuluh jam lebih. Padahal itu tidak benar.

Sekarang, lupakan dulu waktu tidur yang delapan jam itu, itu semua hanya perhitungan rata-rata dan setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Di bawah ini akan dibahas mengenai cara menghitung kebutuhan waktu tidur dan tepat hingga ke menit-menitnya.
Tidur / Gambar via huffingtonpost.com
Menurut Shelby Harris, PsyD, direktur terapi gangguan tidur di Sleep-Wake Disorders Center at Montefiore Medical Center, menyatakan bahwa sekitar 70 persen populasi orang dewasa membutuhkan enam sampai sembilan jam waktu tidur malam agar mereka merasa segar.

Ada yang tidur enam jam tapi sudah segar, ada yang harus tidur sembilan jam baru merasa segar, semua ini tergantung pada gen yang dimiliki. Lebih baik, perhatikan keuntungan yang terjadi jika dapat tidur dalam waktu yang tepat setiap hari.

Dengan tidur pada waktu yang tepat, kesehatan fisik, kemampuan konsentrasi, dan kemampuan motorik akan menjadi optimal.

Inilah tips menghitung kebutuhan waktu tidur hingga ke menit-menitnya:

  1. Lebih baik memiliki waktu seminggu penuh untuk bisa bangun kapan saja sesuka hati.
  2. Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama tanpa gangguan alarm.
  3. Hitung berapa banyak kamu tidur pada malam keempat, kelima, dan keenam, dalam hitungan menit. Sedangkan hari pertama sampai ketiga tidak usah dihitung karena mungkin masih terganggu dengan jam tidur biasa.
  4. Jumlahkan lamanya waktu tidur pada hari keempat hingga keenam dan hasilnya dibagi tiga.
Itulah hasil waktu tidur yang diperlukan oleh tubuhmu. Misalnya hasilnya 420 menit atau tujuh jam, itu artinya kamu harus tidur malam selama tujuh jam agar bangun dengan bugar.
Inilah Tips Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top