Tuesday, November 8, 2016

Inilah Tips Mudah Beli Rumah tanpa Harus Riba!

Setiap orang pasti menginginkan memiliki rumah sendiri, apalagi jika ia sudah berumah tangga. Dengan memiliki rumah, orang akan lebih dewasa. Ia akan tahu bagaimana cara mengurus rumah, membayar listrik dan air sebagai keperluan rumah. Tapi itu semua tak menjadi masalah, asalkan ia memiliki rumah.

Sayangnya, makin tahun harga tanah dan rumah makin mahal. Mengumpulkan uang dari menabung bisa jadi tak kesempatan untuk membeli rumah karena harga akan semakin naik, sedangkan tabungan nilainya tetap.
Membeli rumah impian / Gambar via rtolender.com
Mau kredit rumah atau pinjam uang untuk beli rumah takut ada riba. Bank syariah pun belum 100 persen bebas riba jika sudah menyangkut KPR. Jadi, bagaimana membeli rumah tanpa riba?

Inilah tips mudah beli rumah tanpa harus riba:
  1. Cash Bertahap

    Meski setiap developer memiliki skema pembayaran cash dan lama waktu yang berbeda, tapi hal ini bisa coba dilakukan karena akad jual beli tidak melalui perantara pihak ketiga. Lama waktu untuk mencicil bisa 4,5 bulan dan ada juga yang satu tahun.
  2. Membeli Tunai

    Mungkin bisa menabung untuk beli rumah, tapi rumah kecil. Asalkan membeli dengan tunai, itu malah lebih baik karena tidak ada unsur hutang atau riba. Membeli rumah kecil dengan tunai lebih baik daripada rumah besar tapi harus hutang. Jika nanti sudah punya uang lebih, bisa beli rumah yang lebih besar atau membangun rumah tersebut menjadi lebih besar.
  3. Membeli Rumah dari Developer Syariah

    Sekarang ini ada yang namanya developer syariah, dimana membeli rumah dari pihak yang menjual rumah secara syariah. Dari awal pembelian tanah tidak ada unsur campur tangan bank, hal ini untuk menghilangkan riba. Selain itu, tidak ada BI checking dan tidak akan didenda jika telat membayar.
  4. Membeli Kavling dan Membangun Rumah Sendiri

    Mencicil bisa juga dengan sesuatu yang berbentuk, misalnya mencicil membeli tanah kavling dulu. Baru kemudian membeli material bangunan. Lalu dibangun sedikit demi sedikit sambil mengumpulkan uang.
  5. Membeli dengan Meminjam Uang Anggota Keluarga, Saudara, atau Teman

    Jika kita memiliki keluarga, saudara, atau teman yang paham tentang riba dan ia juga kelebihan harta, ada baiknya kita berbicara padanya mengenai niat kita untuk membeli rumah tanpa riba. Pinjam uang padanya, tentu saja meminjam uang pada keluarga tidak dikenai bunga. Mintalah ia untuk membelikannya, baru nanti setelah itu kita mencicil pembayaran padanya.
Memiliki rumah sendiri memang impian banyak keluarga. Tapi masalah utama adalah bagaimana cara mendapatkannya dengan gaji yang pas-pasan.

Oleh karena itu, mintalah pertolongan, petunjuk, dan bantuan dari Allah Ta'ala supaya kita diberi kemudahan dan kelancaran untuk bisa memiliki rumah sendiri. Ingat, yakin Allah Ta'ala akan membantu, Allah Ta'ala Maha Kaya, tidak ada yang tak mungkin bagi Allah Ta'ala.
Inilah Tips Mudah Beli Rumah tanpa Harus Riba! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top