Monday, November 14, 2016

Melibatkan Allah Ta'ala dalam Tujuan Hidup itu Penting, Ini Buktinya!

Dalam hidup, setiap manusia haruslah memiliki tujuan. Tujuan ini harus ada untuk menuntun langkah kita meraihnya. Tujuan ini menjadikan kita lebih bersemangat menjalani kehidupan.

Tujuan hidup juga yang membuat manusia memiliki mimpi, memiliki keinginan untuk mencapainya, meski dalam selemah-lemahnya kondisi manusia. Umar bin Khattab pernah berkata, "Janganlah kalian mengecilkan himmah, karena aku tidak pernah melihat seseorang itu gagal hidupnya kecuali dari hilangnya himmah."
Pentingnya melibatkan Allah Ta'ala dalam tujuan hidup / Gambar via aljazeera.com
Perkataan Umar bin Khattab ini merupakan dorongan agar setiap manusia memiliki cita-cita yang tinggi. Selain itu, dalam perkataan beliau juga menjadi peringatan agar manusia tidak hidup dengan semangat yang rendah.

Himmah, Ilmu, dan Visi Illahi sebagai kunci keberhasilan

Semangat yang tinggi sangat mempengaruhi keberhasilan. Contohnya saja pada waktu Perang Khandaq, dimana pasukan umat Islam sangatlah sedikit dibanding dengan pasukan musuh. Namun, keyakinan tinggi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang terus menyalakan api semangat dan menggerakkan pasukan Muslimin yang akhirnya berjuang penuh semangat, sampai menjemput kemenangan.

Oleh karena itu, menanam visi illahi dalam setiap mimpi sangatlah penting. Bukankah manusia diciptakan di muka bumi adalah untuk menghamba, tunduk, dan patuh pada setiap apa yang diperintahkan Allah Ta'ala? Bukan menjadi menjadi budak dunia yang lupa pada Tuhannya.

Selain himmah, yang merupakan cita-cita, semangat, atau motivasi, kita juga memerlukan ilmu. Ilmu yang menjadi petunjuk dan menjembatani menuju alam kenyataan. Tanamkan juga visi illahi karena akan banyak menuai keberkahan. Begitu indah apabila mimpi kita sejalan dengan tujuan Allah Ta'ala menciptakan manusia, menebarkan kebaikan bagi seluruh umat.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melibatkan Allah Ta'ala dalam setiap tujuan hidupmu. Wallahu a'lam bishawab.
Melibatkan Allah Ta'ala dalam Tujuan Hidup itu Penting, Ini Buktinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top