Friday, November 18, 2016

Mengapa Sarapan Harus di bawah Pukul 9 Pagi? Ini Alasannya!

Kesibukan membuat seseorang sering melewatkan waktu makan, terutama sarapan. Padahal, sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan, apalagi dengan padatnya kegiatan harian. Idealnya, sarapan dilakukan sebelum pukul 9 pagi.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak sempat untuk sarapan di bawah pukul 9 pagi. Akibatnya, gangguan pada kesehatan tubuhlah yang terjadi. Apa saja itu?
Sarapan / Gambar via 1077thejewel.com
Inilah alasan kita harus sarapan di bawah pukul 9 pagi:
  1. Mencegah Diabetes

    Makan pagi di bawah pukul 9 pagi akan menstabilkan gula darah dalam tubuh hingga makan siang. Jika tubuh dibiarkan kosong, lalu diberi makan berat di atas pukul 9 pagi, maka hal ini akan memicu naiknya gula darah yang dapat menimbulkan penyakit diabetes.
  2. Menekan Makan Berlebih

    Karena kita sudah sarapan, maka keinginan untuk nyemil akan berkurang. Ini akan mengurangi asupan makanan kecil kita, sehingga kita tidak makan berlebih yang malah membuat tubuh mengalami obesitas.
  3. Mencegah Penyakit Maag

    Perut yang kosong akan membuat kerja lambung meningkat. Hal inilah yang membuat asam lambung naik sehingga dapat menimbulkan penyakit maag.
  4. Tubuh Kita Memerlukan Energi yang Cukup untuk Melakukan Aktivitas

    Aktivitas sekecil apapun membuat kita memberlukan energi yang cukup. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.
  5. Mengurangi Lemak di Perut

    Dengan sarapan, justru kita akan membantu tubuh kita untuk mengurangi lemak di perut. Yang biasanya membuat gemuk adalah nyemilnya, bukan makan besarnya. Nyemil seringkali berlebihan, inilah yang menjadikan menumpuknya lemak di perut.
  6. Dapat Meningkatkan Daya Pikir

    Jika ingin berfikir fresh dan daya pikir meningkat, sarapanlah sebelum memulai hari. Anak-anak yang rutin sarapan sebelum sekolah memiliki daya pikir lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan.
  7. Menstabilkan Gula Darah

    Satu jam sebelum kita memulai aktivitas, kadar gula dalam tubuh mulai menurun. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka diperlukan nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi.
Oleh karena pentingnya sarapan, maka jangan sampai melewatkan waktu sarapan ya! Sarapan tak harus selalu nasi, kita bisa mengganti nasi dengan karbohidrat lain seperti roti, jagung, sereal, dan lainnya. Yang terpenting adalah tubuh kita sudah diberi asupan makanan sebelum beraktivitas.
Mengapa Sarapan Harus di bawah Pukul 9 Pagi? Ini Alasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top