Thursday, November 24, 2016

Menggelar Resepsi Nikahan Besar-besaran Kebiasaan Orang Indonesia, Kenapa ya?

Sadarkah kamu kalau pernikahan orang Indonesia sekarang seringkali diadakan mewah? Mereka akan menyewa satu hari atau satu malam gedung mewah atau hotel untuk menyelenggarakannya. Dengan dekorasi mewah, hiburan dari artis papan atas, serta makanan yang mewah dan di-refill setiap saat.

Berapa biaya untuk pesta pernikahan sebesar itu? Mengapa mereka rela menghabiskan banyak uang untuk satu hari itu? Padahal jika kita lihat, kebanyakan pesta pernikahan orang barat sana sangat sederhana dan seringkali malah dilakukan garden party. Jadi, orang Indonesia banyak yang kaya donk? Mari selidiki alasan mengapa orang Indonesia suka menggelar pesta mewah!
Pesta pernikahan di Indonesia / gambar via wikihow.com
Inilah alasan orang Indonesia suka menggelar resepsi nikahan besar-besaran:
  1. Konsep Sumur Hidup Sekali

    Ada harapan dalam pernikahan mewah ini, bahwa pernikahan mereka diharapkan hanya sekali seumur hidup, artinya mereka berharap menikah hanya sekali itu saja dan pernikahan mereka langgeng. Jadi, sayang jika momen sekali seumur hidup ini hanya dirayakan sederhana.
  2. Biaya Orang Tua

    Sebenarnya kebanyakan pesta besar adalah keinginan orang tua. Kedua mempelai ingin pestanya sederhana dan hanya mengundang keluarga, saudara, dan teman dekat saja, tapi orang tua rela membantu biaya pernikahan asal teman orang tua banyak diundang. Alhasil, banyak tamu yang datang adalah teman dari orang tua.
  3. Gengsi yang Tinggi

    Tergantung dimana dan dengan siapa kamu bergaul, maka gengsi itu akan tumbuh. Seperti halnya pesta pernikahan, mahalnya pesta pernikahan akan tertutup oleh gengsi. Gengsi donk kalau teman yang lain mengadakan pesta mewah tapi kita hanya pesta sederhana.
  4. Endorse dari Banyak Pihak

    Jangan selalu mengira bahwa pernikahan mewah adalah hasil biaya sendiri. Bisa juga itu karena endorse dari banyak pihak, misalnya endorse baju pengantin, rias pengantin, katering, tempat pernikahan, dan masih banyak lagi. Tak heran jika pernikahannya terlihat super mewah.
Itulah alasan mengapa orang Indonesia suka menggelar resepsi mewah. Tapi yang terpenting dari suatu pernikahan bukan mewahnya, melainkan janji suci yang terikat antara kedua mempelai dan menyatukan kedua keluarga. Semoga yang menikah langgeng dan menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.
Menggelar Resepsi Nikahan Besar-besaran Kebiasaan Orang Indonesia, Kenapa ya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top