Sunday, November 6, 2016

Menghirup Air ketika Wudhu itu Penting, Mengapa?

Berwudhu adalah kegiatan bersuci untuk menghilangkan najis kecil sebelum melakukan ibadah sholat bagi umat islam. Dengan berwudhu, selain membuat tubuh jadi suci, tapi juga dapat membuat tubuh senantiasa bersih dari kotoran karena minimal kita berwudhu lima kali dalam sehari.

Di dalam wudhu, ada bagian dimana harus memasukkan air ke dalam hidung. Tapi kebanyakan orang hanya menyeka hidung atau memasukkannya ke tepian hidung. Padahal manfaatnya sangat penting loh! Apa saja ya?
Menghirup air ketika wudhu itu penting / Gambar via prayerinislam.com
Inilah mengapa menghirup air ketika wudhu itu penting:
  1. Termasuk Penyempurna Wudhu

    Laqith Ibnu Shabirah Radiyallaahu 'anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sempurnakanlah dalam berwudhu, usaplah sela-sela jari, dan isaplah air ke dalam hidung dalam-dalam kecuali jika engkau sedang berpuasa." (HR Imam Empat dan Hadits shahih menurut Ibu Khuzaimah)
  2. Menggugurkan Dosa

    Dari Abu Umamah radiyallahu 'anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapapun yang berdiri menuju air wudhunya dengan maksud mengerjakan sholat, kemudian ia membasuh kedua telapak tangannya, maka turun (keluar)lah dosanya dari kedua telapak tangannya bersama tetesan air. Apabila ia berkumur-kumur, beristinsyaq dan istintsar (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung) maka keluarlah dosanya dari lisan dan bibirnya bersama awalnya tetesan air, dan seterusnya." (HR. Ahmad: V/23)
  3. Baik untuk Kesehatan Hidung dan Pernafasan

    Tak hanya baik dari segi agama, tapi dari segi kesehatan juga baik karena dengan istinsyaq dapat membersihkan hidung dari kuman-kuman dan mengeluarkan kuman tersebut sehingga meminimalkan terjadinya infeksi hidung. Ini adalah hasil dari penelitian Prof. Dr. Syahathah dari bagian THT Fakultas Kedokter Universitas Alexandria.
  4. Mengusir Setan yang ada di Hidung

    "Jika salah seorang diantara kamu bangun dari tidur, maka hendaklah dia beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) setelah istinsyahq (menghirup air ke hidung) tiga kali, sebab setan menginap di rongga hidungnya." (Muttafaq Alaih atau HR. Bukhari Muslim)
Mulai sekarang, jangan lupa menghirup dan mengeluarkan air ketika wudhu ya!
Menghirup Air ketika Wudhu itu Penting, Mengapa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top