Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Tuesday, November 15, 2016

Ngeri! Ternyata ada Bukit Pasir yang Menelan Rumah dan Hutan loh!

Bukit pasir memang sudah biasa kita lihat, apa lagi jika kita orang yang tinggal di dekat pantai. Pasir seolah sudah menjadi pemandangan sehari-hari yang tak bisa kita hindari.

Berbicara mengenai pasir, tentu kita sudah tak asing lagi dengan pasir hisap. Yap, pasir yang mampu menghisap sekelilingnya, juga manusia dan hewan dapat terhisap jika sudah berada di atasnya. Namun yang satu ini berbeda, bukannya menghisap tapi pasir ini justru berjalan seolah sedang menelan apa yang ada di depannya!
The Great Dune of Pyla / Gambar via theworldroamer.com

Penyebab bukit pasir dapat menelan rumah dan hutan

Inilah The Great Dune of Pyla, atau Bukit Pasir Raksasa Pyla. Bukit pasir ini berada di Perancis, tepatnya 60 km dari Bordeaux, daerah Arcachon Bay. Bukit pasir yang tertinggi di Eropa ini memiliki lebar hingga 500 m, panjang sekitar 3 km, dan tinggi mencapai 110 m di atas permukaan laut.

Karena keindahan dan kemegahannya ini, banyak wisatawan yang berkunjung ke The Great Dune of Pyla. Tak hanya karena keindahannya itu, pengunjung yang datang juga ingin melihat fenomena aneh dimana bukit ini tak pernah berhenti bergerak ke daratan. Alhasil, hutan di sebelahnya terlahap dan rumah-rumah penduduk di sekitarnya pun tak luput dari lahapan pasir.

Menurut penelitian, gerakan bukit pasir ini susah ditebak. Terkadang bergerak cepat hingga 10 m dalam setahun dan terkadang lambat, hanya bergerak kurang dari 1 m. Selama 61 tahun terakhir, The Great Dune of Pyla ini sudah bergerak sejauh 280 m, jika di rata-rata dalam setahun sekitar 4,9 m.

Bukit pasir ini memiliki berat lebih dari 60 juta ton. Dan selama itu juga, telah menutup sebanyak 20 rumah dan hutan pinus seluas lebih dari 8.000 m2.

Ternyata, bukit pasir ini dapat menelan rumah dan hutan dikarenakan angin laut. Materi pasir yang ringan mudah diterbangkan angin laut. Selain itu, ada beberapa bagian bukit yang rawan longsor, yang juga menjadi penyebab tertutupnya jalan di tahun 1987 silam.

Hingga sekarang, bukit pasir ini masih terus berjalan dan berpotensi menelan apa yang ada di sebelahnya. Hmm, ngeri juga ya readers?

 
Atas