Monday, November 21, 2016

Orang Tua Suka Bertindak Sewenang-wenang? Inilah Tips Menghadapinya!

Setiap orang tua memiliki cara mendidik anak berbeda-beda. Ada yang orang tua disiplin, lemah lembut, yang selalu menuruti kemauan anak, ada juga yang bertindak sewenang-wenang atau otoriter.

Sebenarnya, menghadapi orang tua seperti ini tidak terlalu sulit, yang terpenting kita patuhi saja keinginan orang tua. Ada juga cara lain yang dapat dilakukan. Apa saja itu?
Ilustrasi orang tua otoriter / gambar via clipartkid.com
Inilah tips menghadapi orang tua yang suka bertindak sewenang-wenang:
  1. Jangan Pernah Berbohong pada Orang Tua

    Setiap orang tua pasti akan kecewa jika anaknya berbohong, terlebih orang tua tipe otoriter ini. Orang tua tipe ini akan lebih mengekangmu jika kamu ketahuan berbohong dan tidak akan membiarkanmu melakukannya lagi. Yang lebih mengerikan kamu akan kehilangan kepercayaan dari orang tuamu. Oleh karena itu, bersikap jujurlah dan jangan berbohong.
  2. Turuti Kemauan Orang Tua

    Orang tua lebih mengerti kehidupan daripada kamu, karena mereka hidup lebih dulu daripada kamu. Biasanya, mereka akan mengarahkan kamu, misalnya dalam hal mencari sekolah serta perguruan tinggi. Turuti saja kemauannya karena tentu itulah yang dilakukan orang tua supaya anaknya berhasil. Namun jika menyimpang dari nilai dan norma, katakan baik-baik jika kamu tidak setuju.
  3. Jadilah Anak yang Patuh

    Rebut hati orang tua dengan menjadi anak yang patuh. Jika diperintah maka lakukanlah, jika dinasihati maka dengarkanlah. Tak usah membangkang atau melawan orang tua. Dengan kamu berhasil merebut hati orang tua, maka kamu akan selamat dari orang tua otoriter.
  4. Memberi Bukti pada Orang Tua

    Orang tua pasti menginginkan anaknya berhasil, tapi terkadang jalan menuju keberhasilan itu berbeda-beda. Jika kamu tetap pada pendirianmu, maka tunjukkanlah buktinya. Orang tua tipe otoriter tidak akan mempan dirayu, jadi kamu harus menunjukkan bahwa yang kamu pilih dapat membawamu pada keberhasilan.
Orang tua manapun pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk juga orang tua otoriter. Orang tua yang otoriter meski terlihat galak, mereka tetap saja sayang pada anaknya. Oleh karena itu, jangan anggap salah orang tua yang otoriter, mereka melakukan itu semua demi keberhasilan anak-anaknya.
Orang Tua Suka Bertindak Sewenang-wenang? Inilah Tips Menghadapinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top