Friday, November 11, 2016

Over Protektif Terhadap Anak itu tidak Baik loh! Ini Buktinya!

Menjadi orang tua itu tidak mudah. Memang tidak ada patokan khusus bagaimana cara menjadi orang tua yang sempurna, karena tidak semua anak itu sama.

Terlalu memanjakan anak, tidak baik. Terlalu protektif terhadap anak, juga tidak baik. Melarang anak melakukan berbagai hal, khawatir ketika anak stres, menuntut kesempurnaan pada anak, tidak membiarkan anak mengambil keputusan. Jika sudah begini, orang tua sudah tergolong over protektif.
Over protektif akan membuat anak menjadi penakut / Gambar via consistent-parenting-advice.com

Over protektif terhadap anak itu tidak baik loh! Ini buktinya!

Menurut para ilmuwan dari Institut Psikiatri, Psikologi dan Neuroscience di King's College London, mengatakan bahwa orang tua yang over protektif akan menjadikan anak mengalami masalah kecemasan. Kecemasan ini berhubungan dengan perasaan yang tidak pasti dan tidak berdaya, dan merasa tidak mampu menghadapi kecemasannya sendiri sehingga ingin lari dari masalahnya.

Selain itu, over protektif terhadap anak juga membuat anak merasa tertekan dan depresi, bahkan anak akan menjadi penakut dan pemalu ketika berhadapan dengan orang lain. Yang lebih berbahaya adalah, jika anak justru menjadi pemberontak terhadap keluarganya sendiri.

Memang melindungi anak itu baik, tapi jangan sampai over protektif. Biarkan anak mencoba berbagai hal baru dengan orang tua tetap mengawasinya. Cara agar meminimalisir kesan over protektif adalah dengan membuat peraturan baru yang disepakati antara orang tua dan anak. Dengarkan pendapat anak, jika perlu ubah aturan sesuai kesepakatan bersama.

Dengan begitu, kita bisa tetap melindungi anak dengan meninggalkan kesan over protektif.
Over Protektif Terhadap Anak itu tidak Baik loh! Ini Buktinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top