Wednesday, November 30, 2016

Penemu Listrik dari Getah Pohon Ternyata Anak Kecil Asal Indonesia loh! Siapa Dia?

Pada zaman dahulu, orang-orang beromba-lomba untuk menemukan sesuatu, mulai dari benda yang biasa-biasa saja hingga benda yang luar biasa. Dan kemudahan yang kita lakukan sekarang ini tak lepas dari penemuan-penemuan orang zaman dahulu.

Meski sekarang teknologi sudah maju, namun masih ada beberapa hal yang harus dikembangkan. Misalnya saja listrik, listrik sudah ditemukan oleh Michael Faraday, kemudian listrik ini dikembangkan lagi dan ditemukan adanya panel surya yang ditemukan oleh Russel Ohl. Dan sekarang, listrik dapat dihasilkan dari getah pohon, dan yang menemukan adalah anak dari Indonesia!
Naufal Raziq / Gambar via nationalgeographic.co.id

Siapa anak Indonesia yang menjadi penemu listrik dari getah pohon?

Dia adalah Naufal Raziq, kini usianya 14 tahun dan tengah duduk di kelas III MTS Negeri Langsa Lama. Ia juga berasal dari Langsa Lama, Kota Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Naufal yang masih anak-anak ini ternyata sudah mampu menerangi kehidupan di desa tempat ia tinggal, yaitu dengan temuannya mengenai lisrik dari getah pohon.

Ia bercerita bahwa keinginannya untuk berinovasi dimulai ketika ia berusia 10 tahun dan masih duduk di bangku sekolah dasar. Kala itu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang membahas mengenai buah-buahan yang asam dapat menghasilkan energi listrik.

Disitulah ia langsung terpikir bagaimana ia menemukan energi listrik ramah lingkungan dengan memaksimalkan getah pohon kedondong. Pohon kedondong ini ia pilih sebagai pengganti buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman tinggi.

Dalam percobaannya, Naufal mengalami beberapa kali kegagalan. Awalnya, ia memilih pohon mangga, tapi ternyata tidak menghasilkan listrik. Lalu terpikirlah ia akan pohon kedondong yang banyak tumbuh di lingkungannya untuk dijadikan eksperimen. Di percobaan ke-60, ia dan sang ayah akhirnya dapat memaksimalkan pohon kedondong dan menghasilkan listrik dari getahnya.

Dari hasil eksperimen tersebut, untuk satu elektroda yang dipasang ke pohon kedondong dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 0,5 - 1 volt. Energi sebesar ini mampu menghidupkan dua bola lampu yang menyala sepanjang hari.

Karena hanya dipakai di malam hari, jadi di siang harinya energi ini di charge. Naufal menjelaskan juga bahwa daya akan semakin bertambah apabila jumlah elektroda diperbanyak dan pohon semakin besar.

Naufal mengaku bahwa proses pemeliharaannya pun cukup mudah, karena pohon sebagai sumber daya listrik hanya perlu dipupuk dan disiram. Yang terpenting getah jangan sampai kering. Ia juga menceritakan kondisi desanya sebelum ada penemuan ini. Kondisinya sangat gelap di malam hari, jika ingin terang warga harus menggunakan generator yang biaya operasionalnya cukup tinggi karena transport minyak mahal.

Selain membantu warga desanya, Naufal juga membantu warga desa lain seperti Desa Tampo Paloh yang kondisinya serupa dengan desanya sebelumnya.

Semoga, apa yang menjadi temuan Naufal Raziq ini dapat dikembangkan dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan lebih luas sebagai energi ramah lingkungan.
Penemu Listrik dari Getah Pohon Ternyata Anak Kecil Asal Indonesia loh! Siapa Dia? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top