Friday, November 18, 2016

Perbedaan Grup I, Grup II, dan Grup III Kopassus

Tentu kita sudah sering mendengar Kopassus bukan? Ketika mendengar Kopassus, apa yang terlinta sdi pikiranmu? Mungkin kebanyakan dari kita berpikir bahwa Kopassus adalah tentara. Memang Kopassus merupakan jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), tapi ini merupakan pasukan khusus.

Kopassus (Komando Pasukan Khusus) merupakan pasukan elite dari TNI AD. Kopassus berbeda dengan tentara biasa, karena biasanya Kopassus menangani misi-misi khusus.
Kopassus / Gambar via dw.com
Untuk membedakan, Kopassus dipisahkan dalam tiga grup, yaitu Grup I, Grup II, dan Grup III. Selain grup, ada satuan Pusat Pendidikan Pasukan Khusus yang berlokasi di Batujajar, Bandung, dan Satuan 81/Penanggulangan Teror yang ada di Cijantung, Jakarta Timur.

Perbedaan Grup I, Grup II, dan Grup III Kopassus

Grup I didirikan pada 23 Maret 1963, yang bermarkas di Serang, Banten. Grup I ini dapat ditugaskan di mana saja, baik di operasi lintas udara hingga penyerbuan amfibi ke laut. Komandan pertama adalah Mayor Benny Moerdani. Grup I ini membawahi 1.274 personel yang terbagi dalam empat batalyon.

Untuk Grup II didirikan pada tahun 1962 dan bermarkas di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Grup II ini membawahi 1.459 personel yang terbagi dalam tiga batalyon tempur.

Sedangkan di grup III, yang membedakan dengan Grup I dan II adalah penambahan spesialisasi yaitu di bidang intelijen. Karena untuk Grup III memiliki tugas perang khusus berupa 'Clandestine Operation', diantaranya intelijen tempur atau combat intel, dan counter insurgency (kontra pemberontakan). Markasnya berada di Mako Cijantung.

Untuk menjadi anggota Grup III sangatlah tidak mudah. Personel harus menjalani seleksi yang sangat ketat, mulai dari calon prajurit saat masih pendidikan hingga personel yang bertugas aktif.

Kalau kamu ingin menjadi anggota Kopassus, kamu harus berlatih keras. Tak hanya fisik yang harus kuat, tapi kepandaian juga sangat diperlukan.
Perbedaan Grup I, Grup II, dan Grup III Kopassus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top